Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Diaspora Indonesia di Manca Negara Serukan PDIP Rangkul Parpol Lain

PDI Perjuangan diprediksi memenangi Pileg 2014 dengan angka sekitar 19 persen

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Diaspora Indonesia di Manca Negara Serukan PDIP Rangkul Parpol Lain
Istimewa

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Diaspora Profesional Muda Indonesia (DPMI), kalangan pekerja profesional muda Indonesia yang tinggal di manca negara, menyerukan agar PDI Perjuangan yang dipredksi akan menjadi pemenang Pemilu Legislatif (Pileg 2014 lebih bersikap fleksibel dalam menggalang komunikasi dengan partai politik (parpol lain untuk membentuk pemerintahan yang kuat.

“PDI Perjuangan harus mampu menyingkirkan hambatan-hambatan psikologis untuk membangun kerjasama dengan Partai Gerindra maupun Partai Demokrat, karena dua partai tersebut memiliki suara yang cukup signifikan dalam Pileg,” ujar Juru Bicara DPMI, Akuat Supriyanto, kepada Warta Kota, Kamis, 10 April 2014.

Dikemukakannya bahwa sesuai dengan hasil quick count dan exit poll berbagai lembaga survei, PDI Perjuangan diprediksi memenangi Pileg 2014 dengan angka sekitar 19 persen. Seperti dalam pileg-pileg pada pascareformasi sebelumnya, tidak ada parpol yang menjadi mayoritas dalam parlemen.

"Karena itulah, PDI Perjuangan harus lebih fleksibel dalam menggalang komunikasi dengan parpol-parpol lain untuk membentuk pemerintahan yang kuat," kata Akuat S, yang kini tengah berada di Portugal untuk menyelesaikan studi doktoralnya.

Apalagi,  selama ini para pimpinan PDI Perjuangan lebih mengedepankan konsep pemerintahan Gotong Royong atau kerjasama dari seluruh kekuatan politik yang ada, dan menghindari penggunaan terminologi “koalisi” dan “oposisi”.

Konsekuensi dari konsep tersebut, sambungnya,  adalah adanya pengakuan terhadap kekuatan-kekuatan politik besar dan mendorong kerjasama untuk kepentingan bangsa dan negara.

“PDI Perjuangan harus mengundang empat parpol pemenang Pemilu untuk duduk bersama, berembug tentang bagaimana seharusnya Indonesia ke depan. Indonesia sangat luas dengan masalah yang kompleks, sehingga tak mudah untuk diatur atau diselesaikan sendiri oleh satu partai saja,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI

DPMI menilai, empat parpol pemenang Pileg memiliki platform perjuangan yang mirip sehingga memungkinkan bagi terciptanya kerjasama. Kombinasi keempatnya juga menghasilkan kumulasi suara pemilih sekitar 55% dan jumlah anggota parlemen yang diperkirakan melampaui 50%. Sebagai pemenang Pileg, PDI Perjuangan harus berinisiatif memimpin rembug dalam rangka menentukan Cawapres serta pembagian tugas di kabinet. (Willy Pramudya)

Tags:
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas