Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perubahan DPT Bisa Ubah Jumlah Produksi Surat Suara

Hingga saat ini PT Temprint belum mendapatkan berapa peningkatan jumlah DPT. Tentunya hal tersebut akan mempengaruhi terhadap jumlah produksi.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Perubahan DPT Bisa Ubah Jumlah Produksi Surat Suara
Tribunnews/Dany Permana
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik mengawasi proses cetak surat suara Pemilu Presiden (Pilpres) di percetakan PT Temprint, Jakarta Barat, Sabtu (14/6/2014). Untuk menghadapi Pilpres pada 9 Juli mendatang, KPU menargetkan proses cetak surat suara maksimal sampai tanggal 20 Juni. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mengalami peningkatan dibandingkan Pemilu Legislatif. Tentu saja hal tersebut akan berpengaruh terhadap jumlah surat suara yang harus dicetak.

Hingga saat ini PT Temprint belum mendapatkan berapa peningkatan jumlah DPT. Tentunya hal tersebut akan mempengaruhi terhadap jumlah produksi.

"Kita mendapatkan oplah berdasarkan yang ditentukan dari KPU. Tetapi informasinya akan ada perubahan DPT, hingga saat ini perubahannya belum kami terima," ucap Koordinator Layanan Pelanggan PT Temprint, Solichin, saat menerima kunjungan Ketua KPU Husni Kamik Malik ke percetakannya di Jalan Palmerah Barat Nomor 8, Jakarta, Sabtu (14/6/2014).

Dikatakannya bila ada perubahan DPT tetapi jumlahnya tidak terlalu signifikan, tentu tidak akan mengganggu proses produksi dan distribusi yang sedang dilakukan pihaknya. Tetapi bila ada perubahan yang cukup besar pihaknya sudah berkoordinasi dengan perusahaan jasa pengiriman barang.

"Kalau ada perubahan DPT yang tidak signifikan, itu tidak akan mengganggu pelaksanaan Pemilu. Tetapi kalau sampai menggangu kami akan tetap memback up. Pandu (persahaan jasa pengiriman barang) siap memback up mengirimkan logistik sampai ke provinsi dan kabupaten/kota," ungkapnya.

Sementara Ketua KPU mengatakan bahwa volume cetak surat suara sudah disesuaikan dengan DPT ditambah dua persen untuk setiap TPS nantinya.

BERITA TERKAIT

Meskipun ada kelebihan dua persen, tetapi pihaknya akan segera menginformasikan DPT untuk Pilpres 2014 kepada pihak percetakan. "Itu akan segera kita informasikan," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas