Tribun

Calon Presiden 2014

KPU Umumkan Harta Kekayaan Capres-cawapres 1 Juli 2014

"Sesuai jadwal kita rencanakan 1 Juli. Hari ini laporannya sudah diperiksa KPK. KPK rencanakan 25 dan 26 bergiliran besok, mengklarifikasi hasilnya."

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Y Gustaman
KPU Umumkan Harta Kekayaan Capres-cawapres 1 Juli 2014
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2014, di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat (13/6/2014). Dalam rapat tersebut ditampilkan jumlah total DPT pilres seluruh Indonesia sebanyak 190.290.936. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eri Komar Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan laporan harta kekayaan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (1/7/2014).

Komisioner KPU Arief Budiman mengaku masih menunggu hasil laporan Komisi Pemberantasan Korupsi yang diagendakan memeriksa harta kekayaan masing-masing pasangan besok.

"Sesuai jadwal kita rencanakan 1 Juli.  Hari ini laporannya sudah diperiksa KPK. KPK rencanakan 25 dan 26 bergiliran besok, mengklarifikasi hasilnya," ujar Arief di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (25/6/2014).

Setelah memeriksa, KPK akan menyerahkan laporan tersebut ke KPU. KPU memercayakan sepenuhnya pemeriksaan KPK. Cara ini ditempuh agar masyarakat tahu berapa kekayaan sah pasangan calon.

Kendati demikian, sambung Arief, hasil kekayaan tersebut tidak akan berpengaruh terhadap pencalonan mereka sebagai capres dan cawapres pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014.

"Itu hanya untuk menunjukkan kepada publik berapa harta kekayaan calon pejabat negara, baik yang sah dan tidak sah. Nanti yang akan diumumkan itu ringkasannya saja," papar mantan anggota KPU Jawa Timur itu.

Terhitung hari ini, KPK sudah menjadwalkan verifikasi kekayaan pasangan capres dan cawapres. KPK Pertama kali memveridikasi kekayaan urut satu Prabowo-Hatta. Berikutnya pasangan urut dua Jokowi-JK.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas