Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Ini, 3.400 Ribu Polisi Jaga Kantor KPU

Sebanyak 31 ribu personel Polri dan TNI mulai diterjunkan menjaga keamanan wilayah hukum DKI Jakarta

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Sanusi
zoom-in Hari Ini, 3.400 Ribu Polisi Jaga Kantor KPU
Tribunnews.com/Abdul Qodir
Kapolda memeriksa kesiapan anggota Polri dalam menjaga kantor KPU yang akan menyelesaikan dan menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara nasional Pilpres 2014 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 31 ribu personel Polri dan TNI mulai diterjunkan menjaga keamanan wilayah hukum DKI Jakarta pada saat KPU menetapkan hasil rekapitulasi nasional Pilpres di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol Nomor 29, Menteng, Jakarta Pusat, sepanjang Selasa (22/7/2014) hari ini.

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Dwi Priyatno mengatakan, sebanyak 3.400 personel Polri dari jumlah tersebut ditempatkan untuk mengamankan area sekitar KPU yang akan menyelesaikan dan menetapkan hasil pilpres.

"(Sidak) ini bagian dari pengamanan besok juga. Sekarang ini ada 6 SSK. Untuk besok di KPU ada lebih kurang 3.400 personel. Namun, demikian secara menyeluruh di wilayah hukum Polda Metro Jaya akan ada 31 ribu personel. Kepolisian ada 21 ribu dan dari TNI ada 10 ribu personel," ujar Dwi usai melakukan sidak personel di kantor KPU, Jakarta, Senin (21/7/2014) malam.

Dwi menjelaskan, 3.400 personel yang menjaga keamanan sekitar kantor KPU terdiri dari beberapa satuan, di antaranya Sabhara, Brimob, Lalu Lintas, Pamobvit (Pengamanan Objek Vital), intelijen dan satuan lainnya.

Mereka akan disebar di empat ring yang diberlakukan di sekitar kantor KPU.

Ring pertama berada di area ruang rapat utama lantai 2 kantor KPU, ruang kedua berada di halaman kantor KPU sampai radius 200 meter, ring ketiga berada dalam radius Taman Suropati, Menteng hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI). "Dan ring keempat di luar itu," jelasnya.

Pantauan Tribun, pada Senin malam sekitar 6 SSK dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Pusat dan Polsek Menteng mulai menjaga di dalam dan luar kantor KPU. Dua mobil baracuda dan ambulance pun sudah terparkir di halaman kantor KPU.

BERITA TERKAIT

Selain itu, beberapa titik di ibu kota juga mulai dilakukan penjagaan. Pantauan Tribun, tampak belasan polisi melakukan razia kendaraan hingga penutupan akses di wilayah Jakarta Pusat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas