Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Baru Ratusan Kotak Suara yang Dibongkar di Jakarta Selatan

Dokumen yang dikumpulkan dari kotak suara adalah formulir A5, formulir Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tambahan, dan formulir Daftar Pemilih Khusus

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Baru Ratusan Kotak Suara yang Dibongkar di Jakarta Selatan
Nurmulia Rekso Purnomo/Tribunnews.com
Petugas PPS Kelurahan Rawa Bunga tengah membongkar kotak suara, untuk mengumpulkan dokumen bagi gugatan pasangan Prabowo Subianto - Hatta Rajasa, Kamis (31/7/2014). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Jakarta Selatan, Muhamad Ikbal mengatakan di wilayahnya belum semua kotak suara yang disebut bermasalah berhasil di bongkar dan dokumennya di kumpulkan.

Saat dihubungi wartawan, Kamis (31/7/2014), Ikbal mengatakan baru sekitar ratusan kotak suara yang berhasil di bongkar. Ia mengaku belum bisa menyebutkan berapa banyak dokumen yang sudah dikumpulkan ke kantornya.

"Sudah ada ratusan kotak suara yang dibongkar, tepatnya berapa yang sudah dikumpulkan dokumennya dan yang belum masih terus kita hitung," katanya.

Pembongkaran tersebut berdasarkan surat edaran dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), terkait gugatan pasangan Prabowo Subianto - Hatta Rajasa ke Mahkamah Konstitusi (MK). Surat edaran tersebut menyertakan daftar Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang kotak suaranya harus dibongkar, sesuai yang diajukan oleh pasangan Prabowo - Hatta.

Dokumen yang dikumpulkan dari kotak suara adalah formulir A5, formulir Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tambahan, dan formulir Daftar Pemilih Khusus (DPK) tambahan.

Dalam surat tersebut diinstruksikan jjuga para petugas harus berkordinasi dengan pihak kepolisian setempat dan membuat berita acara. Namun demikian tidak diisntruksikan petugas harus mengundang saksi dari masing-masing pihak untuk menyaksikan proses pembongkaran kotak suara.

Ikbal menyebut sempat ada protes dari saksi pasangan nomor urut 1, karena mereka tidak diikut sertakan. Namun protes tersebut tidak sampai menghambat proses pembongkaran kotak suara. ”Memang ada protes, tapi bisa kita teruskan prosesnya," ujar Ikbal.

BERITA TERKAIT

Ia memastikan pada hari Jumat ini (1/8), seluruh proses pengumpulan dokumen sudah berhasil dilakukan. Kemudian dokumen-dokumen tersebut akan diserahkan ke KPUD tingkat provinsi.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas