Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

MK Kerahkan 150 Tenaga Ahli Dalam Sidang Sengketa Pemilu Presiden

Mereka adalah tenga arsiparis (petugas arsip), panitera pengganti, transkiptor, perisalahm transkiptor di komputer

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in MK Kerahkan 150 Tenaga Ahli Dalam Sidang Sengketa Pemilu Presiden
Tribunnews/HERUDIN

Laporan Wartawan Tribunnews, Eri Komar Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Mahkamah Konstitusi (MK) mengerahkan 125 tenaga ahli lintas bidang untuk menangani persidangan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) presiden dan wakil presiden 2014.

Sekretaris Jenderal MK, Janedjri M Gaffar, mengatakan 125 tenaga ahli tersebut semuanya dari internal MK dan tidak ada dari luar. Mereka adalah tenga arsiparis (petugas arsip), panitera pengganti, transkiptor, perisalahm transkiptor di komputer.

"Karena kan tidak mungkin kerja terus begini. Kan punya batas kemampuan. Sidangnya bisa saja sampai tengah malam,itukan perlu pengganti dan kemampuan orang ada batasnya. Jumlahnya totalnya 125 orang. Ini baru petugas yang attach dengan persidangan, belum dengan pengamanan," ungkap Janedjri di kantornya, Jakarta, Selasa (5/8/2014).

Untuk menunjang persidangan, lanjut Janedjri, petugas-petugas tersebut sudah ditingkatkan kualitas keterampilannya. Materi yang diberikan sama dengan materi yang diberikan kepada tim advokasi capres-cawapre

"Mereka kan sudah paham semua. Ada aturan main yang sedikit berbeda. Itu kita sudah lakukan," terang Janed.

Terkait tenaga ahli arsiparis, mereka dimanfaatkan untuk mengurus dan menata arsip bukti-bukti yang diajukan masing-masing pihak dalam sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) presiden dan wakil presiden.

BERITA TERKAIT

"Kita juga mengerahkan arsiparis. Arsiparis kan jagoan untuk menata arsip. (mereka) lulusan arsip. Arsiparis yang mengurus arsip untuk penyimpanan alat bukti, sewaktu waktu diminta alat bukti, nih langsung ada," tukas Janedjri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas