Tribun

Calon Presiden 2014

Tidak Mudah Bagi Jokowi-JK Menentukan Kabinet

Tidak mudah untuk Jokowi-JK menentukan kabinet menteri.

Editor: Johnson Simanjuntak
Tidak Mudah Bagi Jokowi-JK Menentukan Kabinet
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Boni Hargens 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat Patutie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik Boni Hargens mengatakan tidak mudah bagi Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) - Jusuf Kalla (JK) untuk menentukan kabinet menteri.

Menurutnya perlu dorongan agar Jokowi-JK menemukan kabinet yang tepat untuk membantu pemerintahan yang akan datang.

"Tidak mudah untuk Jokowi-JK menentukan kabinet menteri. Tidak bisa dikerjakan sendiri, ini merupakan juga kontribusi kita semua," ujarnya kepada wartawan dalam diskusi mengenai bukan hanya menteri, juga mafia di kementerian, di sebuah Kafe di Jakarta, Selasa (5/8/2014).

Menurut Boni salah satu alasan kebangkrutan negara dan rusaknya sistem negara secara keseluruhan adalah karena mafia yang bekerja sistematis yang menjadi subsistem dalam sebuah negara.

Oleh karena itu menurutnya tidak baik jika para menteri kalau dari kelompok mafia. Dia berharap kabinet Jokowi-JK dapat ditentukan sesuai masalah dan bidang masing-masing.

"Jokowi-JK harus menempatkan kabinet sesuai bidang-bidangnya," kata Boni.

Sementara DPP Bara JP Viktor Sirait menuturkan masyarakat harus melihat persoalan bangsa yang begitu besar yang harus diselesaikan oleh para menteri-menteri Jokowi-JK.

"Kami mengajak masyarakat untuk ikut membantu bukan hanya mengusulkan sebuah nama, kami menunjukkan kabinet ke depan untuk menghadapi persoalan-persoalan bangsa ke depan dalam menangani kemiskinan semakin meningkat atau semakin menurun," katanya.

Menurutnya hal itu untuk menambah pertimbangan pasangan Jokowi-JK agar bisa menunjuk orang yang tepat dalam kementerian tertentu.

"Untuk menambah pertimbangan bapak Jokowi-JK dalam membentuk kabinet, kami berharap pak Jokowi akan menemukan kabinet yang benar-benar baik," katanya.

Ikuti kami di
Tags:
Boni Hargens
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas