Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Timses Prabowo Prihatin Atas Insiden Patung Kuda

Budi Purnomo mengaku, pihaknya mendapat laporan dari lapangan banyak korban di berbagai rumah sakit, termasuk dari RSCM dan RS Cikini, dan RS lain.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Timses Prabowo Prihatin Atas Insiden Patung Kuda
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Seorang ibu yang terluka dievakuasi oleh massa pendukung Prabowo-Hatta saat terjadi bentrokan dengan polisi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (21/8/2014). Pendukung Prabowo-Hatta memaksa mendekati gedung MK melalui Jalan Medan Merdeka Barat yang disterilkan polisi karena adanya sidang putusan gugatan Pilpres 2014. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Timses Prabowo-Hatta menyatakan keprihatinan yang mendalam atas insiden patung kuda, yaitu bentrokan yang antara polisi dan massa pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di depan patung kuda, di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (21/8).

"Ya kami prihatin, mengapa harus ada korban? Seharusnya Polisi tidak perlu membubarkan massa dengan tembakan gas air mata yang sejak awal, para pendukung aprabowo-Hatta itu berorasi dan memenuhi lokasi itu, sehingga banyak yang terluka," kata Koordinator Media Center Prabowo-Hatta Budi Purnomo Karjodihardjo di komplek Patung Kuda, Jln Merdeka, Kamis (21/8/2014).

Budi pun heran mengapa polisi melakukan tindakan tersebut, padahal seperti hari-hari sebelumnya, aksi demo dan unjuk rasa itu dilakukan dengan penuh kedamaian, meskipun ribuan masa melakukan aksi di depan Gedung MK.

"Ternyata hari ini, polisi melakukan praktek yang tidak menyenangkan terhadap aksi massa para penukung Prabowo-Hatta," jelasnya.

Budi Purnomo mengaku, pihaknya mendapat laporan dari lapangan banyak korban di berbagai rumah sakit, termasuk dari RSCM dan RS Cikini, serta RS lainnya.

Laporan dari lapangan ada yang berupa SMS tulisan maupun berupa gambar-gambar korban.

BERITA TERKAIT

"Saya dapat gambar-gambar korban langsung dari tim kami yang mendampingi korban di rumah sakit. Jadi kalau ada yang bilang tidak ada korban, berarti dia bohong," kata Budi.

Sebelumnya, polisi pernah membuat statemen yang menjamin aparatnya tidak akan represif terhadap massa yang menggelar aksi demonstrasi dalam menyikapi hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan hasil Pilpres 2014.

"Seharusnya memang jangan melakukan tindakan represif, dan mampu mengimplementasikan UU Nomor 9 Tahun 1998, yakni menggunakan pendekatan layanan pengamanan secara persuasif dan humanis," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas