Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dikawal Paspampres Jokowi Tetap Pertahankan Pengawal Lama

Setelah dilantik, presiden terpilih Jokowi akan mengatur Paspampres agar dirinya bisa tetap dekat dengan masyarakat, tetapi tetap dalam kondisi aman.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Y Gustaman
zoom-in Dikawal Paspampres Jokowi Tetap Pertahankan Pengawal Lama
KOMPAS Images/KRISTIANTO PURNOMO
Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) memberikan keterangan pers di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta, di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/8/2014) malam. Pasangan Jokowi-JK mengapresiasi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak seluruh gugatan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta) dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Imanuel Nicolas Manafe

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden terpilih Jokowi menginginkan pengamanan dan pengawalan Pasukan Pengamanan Presiden tidak begitu ketat atau agak kendur. Terhitung Jumat (22/8/2014) siang, Paspampres Grup D menservis pengamanan Jokowi-JK.

"Kata panglima ada tujuh mobil, tiga motor dan 37 anggota. Bagaimana? Itu standarnya, tapi masih kami hitung. Kalau tiga cukup, tiga saja. Kalau harus tujuh, angka keamaannya tidak bisa ditawar, tiga saja," ujar Jokowi di JI Expo, Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Gubernur DKI Jakarta ini mengaku tetap ingin berdekatan dengan warga dan bisa leluasa masuk ke kampung-kampung. Setelah terpilih, Jokowi akan mengatur Paspampres agar bisa tetap dekat dengan masyarakat, tetap dalam kondisi aman.

Mengenai ajudan yang selama ini melekat padanya, Jokowi mengatakan tetap akan memanfaatkan jasa mereka, namun dalam ruang lingkup yang berbeda. "Bisa saja nanti ruang kawal pribadi bisa. Misalnya mengawal istri, buat anak-anak," imbuh Jokowi.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas