Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Paspampres Akan Turuti Beberapa Permintaan Jokowi

Pada dasarnya, mereka adalah orang-orang terlatih yang punya klasifikasi komando dan tugasnya memang melayani presiden

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Paspampres Akan Turuti Beberapa Permintaan Jokowi
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Anggota Paspampres memeriksa undangan yang memasuki tempat acara halal bi halal keluarga besar Partai Nasdem, relawan bersama presiden terpilih Joko Widodo dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla di arena JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (22/8/2014). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pihak Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) siap melaksanakan beberapa permintaan presiden terpilih, Joko Widodo, mengenai mekanisme pengamanan dan pengawalan dirinya.

"Mereka siap melaksanakan. Pada dasarnya, mereka adalah orang-orang terlatih yang punya klasifikasi komando dan tugasnya memang melayani presiden, memberikan pengamanan maksimum kepada presiden," ujar Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Andi Widjajanto usai mendampingi Jokowi rapat dengan tiga petinggi Paspampres di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta, Jumat (22/8/2014) malam.

Dalam pertemuan tersebut, pihak Paspampres menjelaskan dan menawarkan beberapa pilihan pengamanan untuk Jokowi selaku presiden terpilih dan Presiden RI nantinya. Di antaranya, Jokowi ingin jumlah anggota Paspampres dan jumlah iring-iringan kendaraan pengamannya tidak terlalu banyak dan model pengawalan tidak berlebihan alias 'lebay'.

Keseluruhan permintaan tersebut disesuaikan dengan tipikal cara kerja Jokowi yang kerap blusukan, kerap mendadak mengubah agenda acara dan kerap berinteraksi dengan masyarakat dan awak media.

Untuk percobaan pertama, Jokowi akan mendapatkan pengawalan sejumlah anggota Paspampres, mobil Mercedes Benz dengan kawalan tujuh mobil Paspampres.

"Karena presidennya menginginkan protokol-protokol tertentu yang diubah karakter kerja, mereka akan lakukan. Jadi, tidak ada keberatan dari mereka, mereka siap melaksanakan yang diinginkan Jokowi dengan tidak mengurangi standar pengamanan yang ada pada mereka," ujar Andi.

Jokowi akan menguji coba model dan cara kerja pengawalan Paspampres ini selama seminggu untuk mencari model pengamanan yang ideal dengan cara kerja dirinya. Selanjutnya, Jokowi dan petinggi Paspampres akan kembali melakukan pertemuan untuk mengoreksi dan memodifikasi mekanisme protokoler pengamanan hingga ditemukan tingkat kenyamanan untuk mantan Wali Kota Solo tersebut.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas