Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Demokrat Jadi Penyeimbang Pemerintahan Jokowi-JK di Parlemen

"Penyeimbang itu artinya kalau program dan kebijakannya sama seperti yang dilakukan Demokrat selama 10 tahun, kita dukung."

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Y Gustaman
zoom-in Demokrat Jadi Penyeimbang Pemerintahan Jokowi-JK di Parlemen
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Ketua Harian Partai Demokrat, Syarief Hasan (tengah) didampingi Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (kedua kanan) dan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik (kiri) menyerahkan daftar bakal calon legislatif di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (21/4/2013). Partai Demokrat menyerahkan 560 bacaleg ke KPU setelah melakukan proses seleksi dan verifikasi internal partai. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Demokrat menegaskan sikapnya sebagai partai penyeimbang Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di parlemen. Kendati saat ini PDI Perjuangan telah membuka pintu bagi Demokrat untuk bergabung.

"Penyeimbang itu artinya kalau program dan kebijakannya sama seperti yang dilakukan Demokrat selama 10 tahun, kita dukung," terang Ketua Harian Demokrat Syarief Hassan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (25/8/2014).

Ia membantah sikap Demokrat tak memiliki pendirian. Sebab, partai berlambang bintang mercy itu tetap mengawasi jalannya pemerintahan. "Karena dalam presidensial, kabinet itu tidak ada istilah oposisi makanya Demokrat sebagai penyeimbang," imbuhnya.

Syarief mengatakan Demokrat tak masuk koalisi di pemerintahan. Namun, Demokrat tetap mendukung pemerintahan baru dalam masa transisi. Ia mencontohkan SBY memberikan penjelasan kepada Jokowi mengenai RAPBN.

"Menyangkut RAPBN 2015, ad program-program pemerintah. Maksudnya presiden kita bisa jelaskan ke pemerintahan yang akan datang," imbuhnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas