Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat: Jokowi Pemimpin Berani Mengambil Keputusan

"Kekuatan Jokowi bukan hanya pada diri Jokowi sendiri, tetapi juga pada rakyat yang menghendaki pemimpin seperti itu," tutur Arie.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pengamat: Jokowi Pemimpin Berani Mengambil Keputusan
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan saat menghadiri acara halal bi halal dengan relawan Jokowi-JK di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (22/8/2014). Dalam kesempatan tersebut Jokowi mengangkat para relawan Jokowi-JK untuk menjadi relawan Indonesia yang bertugas mengawal pemerintahan mendatang. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Keraguan sebagian pihak akan kemampuan Presiden terpilih Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi dalam memimpin negara sebenarnya sulit menemukan buktinya. Bukan hanya soal deretan prestasi Jokowi sejak menjabat sebagai Walikota Solo, dan kemudian Gubernur DKI Jakarta, namun kekuatan Jokowi terletak pada keberaniannya mengambil keputusan.

Pandangan ini disampaikan Analis Politik Fisipol UGM, Arie Sujito, di Jakarta, Senin, (25/8/2014).

"Jokowi juga tipe pemimpin yang selalu memastikan bahwa antara policy (kebijakan), rencana dan pelaksanaan harus sejalan. Blusukan itulah cara dia memastikan bahwa apa yang direncanakan benar-benar dilaksanakan di lapangan," kata Arie.

Dari blusukan itu juga Jokowi mendengarkan suara rakyat sebagai dasar menetapkan policy dan membuat rencana yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sehingga apa yang direncanakan memang betul-betul yang dibutuhkan rakyat, bukan hanya yang diingini pemimpin.

"Kekuatan Jokowi juga terletak pada bahwa dia punya prinsip. Ini model pemimpin yang sedang dibutuhkan bangsa ini, saat banyak pemimpin yang tidak berani mengambil resiko dan kurang kuat dalam memang prinsip.

Maka kekuatan Jokowi bukan hanya pada diri Jokowi sendiri, tetapi juga pada rakyat yang menghendaki pemimpin seperti itu," tutur Arie.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas