Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

‎Mendikbud Muhadjir Effendy Buka Festival Literasi Sekolah Ketiga

Untuk diketahui acara ini digelar mulai Jumat (26/7/2019) hingga 29 Juli 2019 di Plaza Insan Berprestasi, Kompleks Kemendikbud, Jakarta

‎Mendikbud Muhadjir Effendy Buka Festival Literasi Sekolah Ketiga
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat membuka langsung Festival Literasi Sekolah (FLS) yang ketiga, Jumat (26/7/2019) di Kompleks Kemendikbud, Jakarta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud) Muhadjir Effendy membuka langsung Festival Literasi Sekolah (FLS) yang ketiga, Jumat (26/7/2019) di Kompleks Kemendikbud, Jakarta.

"Dengan mengucap bismillahirrahmaanirrahim, dengan ini Festival Literasi Sekolah resmi saya buka," ujar Muhadjir Effendy seraya menekan tombol dan menggunting bunga‎ secara simbolik.

Baca: Perluas Program Literasi Keuangan Melalui #IbuBerbagiBijak

ILUSTRASI - Sejumlah pengunjung membaca Buku sambil jongkok di Gramedia Mal Panakkukang, Makassar, Rabu (10/8/2011). Banyak pengunjung menunggu waktu berbuka puasa (Ngebuburit) sambil membaca buku. (Tribun Timur/Abbas Sandji)
ILUSTRASI - Sejumlah pengunjung membaca Buku sambil jongkok di Gramedia Mal Panakkukang, Makassar, Rabu (10/8/2011). Banyak pengunjung menunggu waktu berbuka puasa (Ngebuburit) sambil membaca buku. (Tribun Timur/Abbas Sandji) (/Tribun Timur/Abbas Sandji)

Setelah membuka festival, Muhadjir Effendy menyempatkan diri menyapa siswa-siswi yang hadir termasuk para guru.

Untuk diketahui acara ini digelar mulai Jumat (26/7/2019) hingga 29 Juli 2019 di Plaza Insan Berprestasi, Kompleks Kemendikbud, Jakarta.

Tema yang diangkat tahun ini adalah "Multiliterasi : Mengembangkan Kemandirian dan Menumbuhkan Inovasi"

Dalam laporannya, Plt Direktur Jenderal Dikdasmen, Didik Suhardi mengatakan kegiatan Festival Literasi Sekolah ini tidak terbatas pada literasi baca tulis saja tapi juga mencangkup literasi digital, finansial, sains, numerasi serta literasi budaya dan kewargaan.

Didik menjelaskan acara Festival Literasi Sekolah terdiri dari dua acara besar.

Pertama, lomba literasi yang melibatkan 704 siswa jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB se-Indonesia.

Mereka bakal berlaga di 25 mata lomba, yakni lomba menulis cerpen, mencipta komik digital dan vokasi moda literasi bergerak.

"Pelaksanaan lomba dilakukan di Jakarta, Tangerang dan Bogor. Jika digabung dengan juri, panitia dan pendamping, partisipasi lomba literasi berjumlah lebih dari 1.750 orang," ungkapnya.

Baca: Bioskop Legendaris Kelud di Malang Disulap Jadi Lokasi Festival Literasi dan Pasar Buku Keliling

Acara kedua yakni Festival Literasi ‎dalam bentuk diskusi, pelatihan, peluncuran dan bedah buku serta pemutaran film. Acara ini melibatkan 100 narasumber dari berbagai unsur.

Para pembawa materi dalam acara ini berasal dari kalangan guru, siswa, kepala sekolah, penggiat literasi, praktisi pendidikan, blogger, vlogger, sastrawan, akademisi, penulis, birokrat dan lainnya.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas