Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sumpah Pemuda

#SelasaBahasa Ajak Anak Muda Gunakan Bahasa Indonesia di Media Sosial

Terdapat pergeseran bahasa di media sosial terutama di kalangan anak muda. Media sosial telah mengubah cara kita berkomunikasi

#SelasaBahasa Ajak Anak Muda Gunakan Bahasa Indonesia di Media Sosial
HO/Kominfo
Peserta dan pembicara diskusi “Kongko Bareng Kolibri: Dari Bahasa Turun ke Hati” di CGV fX Sudirman Jakarta, Selasa (29/10/2019). 

TRIBUNNEWS.COM,  JAKARTA – Masyarakat Indonesia baru saja memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2019.

Sumpah Pemuda dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya Negara Indonesia. Salah satu sumpahnya adalah “Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia”.

Menyoal soal penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika menyoroti penggunaan bahasa Indonesia di media sosial, terutama di kalangan milenial. 

Maraknya penggunaan bahasa yang populer dengan sebutan bahasa gaul  dikalangan remaja membuat eksistensi Bahasa Indonesia menurun.

Bahasa yang dimaksud adalah bahasa yang diciptakan oleh kalangan milenial, ataupun penggunaan bahasa asing secara langsung.

“Padahal, Bahasa Indonesia terus berkembang mengikuti jaman, penambahan istilah-istilah asing yang banyak bermunculan juga telah diserap kedalam Bahasa Indonesia ataupun diartikan ke dalam padanan kata dalam Bahasa Indonesia,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkomimfo, Sumiati di Jakarta, awal pekan ini.

Hal ini ditegaskan juga oleh Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama Sekretariat Ditjen IKP, Mediodecci Lustarini.

Ia menyebutkan terdapat pergeseran bahasa di media sosial terutama di kalangan anak muda.

"Media sosial telah mengubah cara kita berkomunikasi, mengubah pola berbahasa kita. Sekarang terasa begitu minimnya penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di media sosial, terutama di kalangan milenial,” ujarnya.

Kemenkominfo pun terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mensosialisasikan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada generasi muda.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
  Loading comments...

Berita Terkait :#Sumpah Pemuda

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas