Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Naik Tiga Peringkat, Untar Peringkat ke 31 Perguruan Tinggi Terbaik Tahun 2020

Universitas Tarumanegara (Untar) memperoleh kenaikan peringkat secara nasional pada klaster Perguruan Tinggi Tahun 2020, Untar mendapat peringkat 31.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Naik Tiga Peringkat, Untar Peringkat ke 31 Perguruan Tinggi Terbaik Tahun 2020
Pandainews.com
Ilustrasi Kuliah di Kampus 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Universitas Tarumanegara (Untar) memperoleh kenaikan peringkat secara nasional pada klaster Perguruan Tinggi (PT) Tahun 2020, Selasa (18/8/2020).

Untar mendapat peringkat 31 di tahun 2020,  naik tiga peringkat dari tahun sebelumnya.

Di tahun 2019, Untar menduduki peringkat 34 perguruan tinggi terbaik secara nasional yang dikukuhkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Baca: Daftar 15 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020

Dirjen Dikti, Nizam mengatakan tujuan utama klasterisasi untuk menyediakan informasi kepada masyarakat umum tentang kualitas perguruan tinggi di Indonesia.

“Klasterisasi menyediakan landasan bagi pengembangan kebijakan pembangunan, pembinaan perguruan tinggi, serta mendorong kampus meningkatkan kualitas pelaksanaan tri dharma secara berkelanjutan,” kata Nizam.

Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan menyebut kenaikan peringkat kampus Untar tidak lepas dari kontribusi semua elemen yang ada di kampus tersebut.

“Kami menghaturkan terima kasih atas semua dukungan, partisipasi, dan kontribusi Bapak Ibu dosen, karyawan, mahasiswa, alumni, Yayasan Tarumanegara, dan semua stakeholder sehingga Untar dapat memperoleh prestasi ini,” ujar Agustinus.

BERITA TERKAIT

Ia menyampaikan dengan meningkatnya peringkat Untar secara nasional, maka peringkat Untar sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menempati peringkat 7 terbaik dari 2.136 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Baca: Tidak Lolos SBMPTN? Ini 5 Universitas yang Buka Jalur Mandiri

Untuk posisi peringkat PTS terbaik di Jakarta, Untar masih mempertahankan posisi terbaik peringkat ke-3.

“Ini menunjukkan bahwa pengelolaan Untar makin baik, disertai dengan pencapaian berbagai program kerja, baik dari sisi penjaminan mutu, pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kegiatan mahasiswa, dan berbagai karya inovasi yang dihasilkan,” kata Agustinus.

Menurut Rektor Untar, hal ini juga bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat yang mempercayakan pendidikan putra putrinya kepada Untar.

Termasuk pertanggungjawaban atas berbagai kolaborasi yang telah dibangun Untar dengan beberapa institusi dalam maupun luar negeri.

“Mari kita terus bersinergi, berkolaborasi dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas kegiatan tri dharma perguruan tinggi di Indonesia untuk mendukung Indonesia Maju,” kata Agustinus.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas