Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

XL Axiata Ajak Donasi Smartphone untuk Pelajar Kurang Mampu Agar Bisa mengikuti PJJ

XL Axiata bersama dengan karyawan mengajak mitra kerja, pelanggan dan masyarakat umum melakukan kegiatan sosial berupa donasi smartphone untuk PJJ.

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in XL Axiata Ajak Donasi Smartphone untuk Pelajar Kurang Mampu Agar Bisa mengikuti PJJ
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
INTERNET GRATIS - Anak-anak perumahan Duta Asri 5, Cibodas, Kota Tangerang, sedang mengikuti proses belajar secara online menggunakan jaringan internet gratis melalui program Rw Net di Masjid Dzawil Arham, Senin (24/8/2020). Program Rw Net diluncurkan Pemkot Tangerang sebagai solusi untuk membantu warga khususnya para pelajar yang kesulitan mendapatkan jaringan internet di masa pandemi Covid-19 ini. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hendra Gunawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panjangnya pandemi yang melanda dunia hingga kini membuat para pelajar kurang mampu semakin kesulitan untuk turut mengikuti proses belajar.

Pembelajaran jarak jauh yang digelar oleh sekolah juga banyak yang tidak mengikutinya, karena tidak mampu membeli smartphone sebagai penunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ).

XL Axiata bersama dengan karyawan mengajak mitra kerja, pelanggan dan masyarakat umum melakukan kegiatan sosial berupa donasi smartphone dan penggalangan dana mulai tanggal 8 sampai dengan akhir Oktober.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu para pelajar kurang mampu di area terpencil yang selama ini kesulitan untuk bisa memiliki smartphone sebagai sarana mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Sasaran penyaluran donasi ini adalah para pelajar di pelosok-pelosok area yang berada di Nusa Tenggara, Sumatera, dan Kalimantan," kata VP Corcomm XL Tri Wahyuningsih dalam keterangan persnya, Kamis (8/10/2020).

Baca: Tiga Pilihan Smartphone Samsung Harga Sejutaan untuk Tambah Semangat Anak Belajar Online

Program pengumpulan smartphone baru maupun bekas layak pakai ini terbuka bagi karyawan, pelanggan, dan masyarakat luas. Smartphone bekas layak pakai tersebut bisa dilberikan/dilakukan di XL Center seluruh Indonesia.

Baca: Nadiem Terima Keluhan Borosnya Kuota Internet Selama PJJ, Legislator PAN: Bukan Hanya Itu Saja

BERITA REKOMENDASI

Manajemen XL Axiata akan memberikan 1 buah smartphone baru untuk setiap smartphone layak pakai yang berhasil dikumpulkan.

Dengan demikian, makan nanti jumlah smartphone yang bisa didonasikan menjadi berlipat lebih banyak, yang berarti akan semakin banyak juga pelajar yang terbantu.

Setiap pelajar penerima donasi smartphone juga akan mendapatkan kartu perdana lengkap dengan paket data XL Axiata, sehingga mereka bisa langsung menggunakan smartphone tersebut untuk mengikuti PJJ.

Penyaluran donasi smartphone ini akan dibantu Benihbaik.com sebagai mitra XL Axiata. Sementara itu, pemilihan para pelajar penerima donasi akan dibantu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama untuk pelajar madrasah.

Selain dalam bentuk smartphone, XL Axiata juga akan memberikan dukungan dalam bentuk dana tunai. Untuk itu, XL Axiata akan mengajak masyarakat dan pelaku bisnis lainnya, terutama para mitra dan relasi, untuk ikut berpartisipasi sebagai donatur.

Partisipasi bisa dilakukan melalui nomor rekening bank BCA: 2050010280 a/n PT XL Axiata Tbk. Sebagai inisiator, XL Axiata mengalokasikan dana sebesar Rp 2,4 miliar, sesuai angka ulang tahun ke-24.

Dana senilai Rp. 2,4 milyar ini akan digabungkan dengan dana hasil pengumpulan bersama masyarakat dan berbagai pihak yang berpartisipasi, untuk nantinya akan disalurkan secara resmi dan transparan ke pihak-pihak yang membutuhkan sesuai aturan yang berlaku. Rencana pendistribusian donasi smartphone dan dana ini akan dilaksanakan sekitar pertengahan November 2020. XL Axiata melihat, dukungan pada dunia pendidikan sangat dibutuhkan agar puluhan juta pelajar Indonesia bisa tetap memperoleh pendidikan yang layak selama masa pandemi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas