Tribun

Paling Populer, Badan Bahasa Kemendikbud Tetapkan Pandemi Sebagai Kata Tahun Ini

Endang mengungkapkan kata pandemi ini memiliki popularitas tinggi sepanjang tahun dengan distribusi penggunaan

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hendra Gunawan
Paling Populer, Badan Bahasa Kemendikbud Tetapkan Pandemi Sebagai Kata Tahun Ini
shutterstock
Ilustrasi corona virus (Covid-19) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan pandemi sebagai Kata Tahun Ini (KTI).

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Endang Aminudin Aziz mengungkapkan pandemi merupakan kata yang paling populer digunakan di tanah air.

"Kata pandemi merupakan kata yang tepat untuk dijadikan Kata Tahun Ini pada tahun 2020 yang telah ditinjau, baik dari segi popularitas, penggunaan, maupun distribusinya," ujar Endang di Kantor Badan Bahasa, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (17/12/2020).

Endang mengungkapkan kata pandemi ini memiliki popularitas tinggi sepanjang tahun dengan distribusi penggunaan di berbagai daerah, bidang ilmu, dan pemangku kepentingan yang luas.

Baca juga: Pandemi COVID-19 Dorong Akselerasi Digital BUM-N

Kata pandemi merupakan salah satu kata yang masuk dalam 15 pencarian kata terpopuler sepanjang tahun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring.

Selain itu, kata pandemi merupakan kata yang digunakan sepanjang tahun menurut Google Trends dengan jumlah penggunaan tertinggi pada bulan Mei 2020.

"Kata pandemi digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pejabat hingga masyarakat umum. Kata pandemi memiliki keluasan distribusi bidang yang merata di seluruh Indonesia," ungkap Endang.

Berdasarkan data laman KBBI, pada 2020 tercatat 15 kata yang memiliki jumlah pencarian tertinggi, yaitu mudik, memengaruhi, daring, kerja sama, risiko, praktik, analisi, orang tua, hoaks, aktivitas, pulang kampung, survei, pandemi, izin, dan zaman.

Baca juga: Masih Pandemi Covid-19, MUI Imbau FPI Tak Demo di Istana Minta Bebaskan Rizieq Shihab

Kata pandemi merupakan salah satu kata dalam daftar tersebut dengan jumlah pencarian sebanyak 28.125 pencarian dari total 46.436.

"Kata pandemi menjadi populer karena mencerminkan kondisi yang dialami secara global mulai awal tahun ini, yakni pandemi Covid-19," tutur Endang.

Selain itu, berdasarkan data dari Google Trends, kata pandemi paling banyak dicari pada bulan Mei 2020.

Pemunculan kata ini diperkuat dengan pencarian topik tertinggi, yaitu topik yang berhubungan dengan koronavirus (coronavirus), pembelajaran (learning), kebijakan (policy), dan strategi (strategy).

Penggunaan kata pandemi cukup sering digunakan dalam dunia jurnalistik. Kata pandemi juga banyak digunakan dalam berbagai laman pemerintah sepanjang tahun 2020.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas