Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

80 Proposal Program Kreativitas Mahasiswa dari Kampus Ini Siap Tarung di Ajang PKM 2021

Dari 91 proposal yang sudah diseleksi secara mandiri oleh panitia PKM Universitas BSI,total ada 80 proposal yang berhasil terupload di Simbelmawa

80 Proposal Program Kreativitas Mahasiswa dari Kampus Ini Siap Tarung di Ajang PKM 2021
dok.
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengirimkan proposal hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021 ke Simbelmawa, yang terdiri dari delapan proposal PKM KC, 32 Proposal PKM-K, 8 Proposal PKM-PI, 5 Proposal PKM-PM, 1 Proposal PKM-RE, 4 Proposal PKM-RSH, 1 Proposal PKM-AI, 14 Proposal PKM-GFK, dan 7 Proposal PKM GT.

“Dari 91 proposal yang sudah diseleksi secara mandiri oleh panitia PKM Universitas BSI,total ada 80 proposal yang berhasil terupload di Simbelmawa, 11 proposal yang tidak berhasil terupload di Simbelmawa yakni, 4 Proposal PKM-KC, 3 proposal PKM-K, 2 Proposal PKM-PI dan 2 Proposal PKM-GFK,” ungkap koordinator PKM Universitas BSI, Diah Ayu Ambarsari, Jumat (16/4/2021).

Universitas BSI saat ini menjadi perguruan tinggi di kategori klaster 4 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan kuota 120 pengajuan Proposal PKM.

Saat ini ada beberapa kendala yang dihadapi mengenai sosialisasi PKM untuk para mahasiswa karena masa pandemi.

Baca juga: Nadiem Minta Kampus Tidak Persulit Mahasiswanya Ikut Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

"Jadi, kurangnya komunikasi dan sosialisasi sehingga membutuhkan usaha yang cukup keras bagi para panitia PKM internal dari Universitas BSI dan para dosen pembimbing dalam mensosialisasikan PKM tahun ini,” jelasnya.

Baca juga: Kemendikbud Keluarkan 5 Formula Program Kembangkan Potensi Mahasiswa Vokasi

Selain itu, juga ada perubahan persyaratan yang sebelumnya untuk program D3 itu tidak diperbolehkan ikut, namun pada akhirnya diperbolehkan ikut.

Namun, berkat kerja keras dari semua pihak koordinator PKM di kampusnya serta peran dosen pembina dan mahasiswa membuahkan hasil peningkatan yang sangat signifikan bahkan antusias mahasiswa yang mengikuti PKM tahun ini meningkat dua kali lipat.

Dia menambahkan, meskipun ada kendala dengan adanya perubahan persyaratan yang sebelumnya PKM hanya untuk program S1 dan pada akhirnya program D3 juga diperbolehkan mengikuti PKM, animo mahasiswa untuk mengikuti kegiatan PKM tahun ini naik sangat signifikan,

Bahkan mahasiswa yang mengikuti PKM tahun ini dua kali lipat lebih banyak dari tahun sebelumnya, juga dengan kualitas proposal yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Beberapa kategori PKM yang tahun sebelumnya kita tidak pernah mengirimkan proposal, alhamdulillah tahun ini kita sudah bisa mengirimkan proposal PKM selain proposal 5 Bidang,” ujar Diah Ayu.

Ikuti kami di
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas