Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kemendikbud Buka Seleksi Calon Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka pendaftaran seleksi bagi calon Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak.

Kemendikbud Buka Seleksi Calon Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak
ist
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka pendaftaran seleksi bagi calon Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril mengajak para akademisi, praktisi pendidikan, widyaiswara, pengawas sekolah di 111 kabupaten kota daerah sasaran program untuk berpartisipasi.

“Kami mengajak para pemangku kepentingan untuk berkontribusi melalui belajar dan berbagi bersama pengawas, kepala sekolah, dan guru di daerah sasaran Program Sekolah Penggerak dalam upaya gotong-royong untuk transformasi pendidikan Indonesia," ujar Iwan melalui keterangan tertulis, Rabu (28/04/2021).

Pelatih ahli akan berperan sebagai pendamping dan pendukung kepala sekolah, guru atau pendidik dan pengawas sekolah atau penilik untuk mewujudkan sekolah yang berpusat pada murid.

Baca juga: Nadiem Ingin Guru Penggerak Jadi Kriteria Pemimpin Pendidikan

Pelatih Ahli akan mendampingi tiga sampai lima sekolah dalam satu kabupaten, selama minimal satu tahun. Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak juga akan bertugas untuk mendorong kolaborasi seluruh ekosistem pendidikan sekolah dan pemangku kepentingan di kabupaten.

Baca juga: Sekarang, Guru SLB dan SMK Bisa Daftar Program Guru Penggerak Angkatan 4

“Peran pelatih ahli akan mengembangkan kompetensi, komunitas praktisi, dan melakukan monitoring kemajuan pembelajaran kepala sekolah, pengawas sekolah atau penilik, dan guru atau pendidik di sekolah pelaksana program sekolah penggerak,” ujar Iwan.

Iwan melanjutkan, pelatih ahli ini hadir menjadi teman belajar yang penuh inspirasi dan tempat konsultasi untuk menjadikan sekolah lebih berpihak kepada murid.

"Bagaimanapun kondisi sekolah, kepala sekolah, guru, dan para pemangku kepentingan di sekolah maupun sekitar sekolah harus terus berupaya menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, inklusif, dan menyenangkan bagi anak-anak Indonesia,” tutur Iwan.

Rekrutmen ini akan menyaring 700 pelatih ahli dengan kualifikasi terbaik untuk bersama memberikan dampak bagi cita-cita besar pendidikan Indonesia.

Pendaftaran dan rekrutmen tahap pertama pelatih ahli program Sekolah Penggerak mulai dibuka pada 23 April s.d. 5 Juni 2021, yang terdiri dari pengisian biodata diri, pengisian esai, dan seleksi administrasi.

Selanjutnya, pada tahap kedua yaitu pada 28 Juni s.d. 2 Juli 2021 akan meliputi simulasi melatih dan wawancara. Setelah itu akan ada unggah surat kesehatan dan bimbingan teknis kepada yang lolos seleksi tahap kedua.

Tahap terakhir adalah pengumuman dan penetapan hasil seleksi pelatih ahli angkatan pertama pada sekitar Agustus 2021.

Ikuti kami di
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas