Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ini Rahasia UEU Selalu Raih Label Kampus Hijau dari UI GreenMetric

Setiap tahunnya UEU selalu mendapat predikat sebagai kampus berlabel Green Campus dari salah satu lembaga pemeringkatan UI Greenmetric.

Ini Rahasia UEU Selalu Raih Label Kampus Hijau dari UI GreenMetric
IST
Green campus di Universitas Esa Unggul, Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Suasana lingkungan kampus perguruan tinggi yang nyaman untuk menempuh ilmu akan mendorong mahasiswa memaksimalkan potensi akademiknya selama menjalani kuliah.

Terbukti, sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air dan di luar negeri mengadopsi konsep Green Campus yang memadukan harmoni dunia intelektual dengan alam sekaligus menjadi tolak ukur sejauh mana institusi pendidikan ramah terhadap lingkungan dan alam.

Di dalam negeri, salah satu perguruan tinggi swasta yang mengadopsi konsep Green Campus tersebut adalah Universitas Esa Unggul.

Setiap tahunnya UEU selalu mendapat predikat sebagai kampus berlabel Green Campus dari salah satu lembaga pemeringkatan internasional, yakni UI Greenmetric.

"UEU patut berbangga karena dari sejumlah pemeringkatan yang dilakukan oleh UI Greenmetric, UEU setiap tahunnya menerima peringkat Green Campus yang baik, terakhir Esa Unggul menempati posisi 7 di UI Greenmetric 2020, sebagai perguruan tinggi di Jabodetabek yang berkomitmen kepada konsep kampus hijau," ucap Rektor Universitas Esa Unggul, Dr.Ir. Arief Kusuma Among Praja,MBA, IPU, Kamis (29/4/2021).

Baca juga: Telkomsel dan Telkom University Siapkan Program Beasiswa untuk Cetak Talenta Digital

Arief Kusuma. mengatakan, perguruan tingginya terpanggil mewujudkan konsep Green Campus sebagai komitmen kampus ini untuk memberikan impact yang sangat besar kepada alam dan lingkungan.

Baca juga: Kementerian PUPR Bangun Kampus Baru Politeknik PU: Berstandar Internasional & Siap Cetak SDM Handal

Menurutnya, tiga pilar utama yang telah dinilai dalam UI Greenmetric telah sepenuhnya diterapkan di Kampus Emas Universitas Esa Unggul yakni Pilar Lingkungan hidup, Pilar Ekonomi, dan pilar sosial.

"Tentunya kita secara bertahap dan konsisten memperbaiki peringkat kita dan mewujudkan kampus hijau di tengah kota, karena itu penting kedepannya Universitas Esa Unggul berbenah untuk secara maksimal mewujudkan Konsep Kampus Hijau yang moderen," terang Arief Kusuma.

Arief Kusuma menjelaskan, melalui sisitem pemeringkatan UI GreenMetric World University Rankings Network dapat memperlihatkan kolaborasi, saling belajar, berbagi dan bekerja sama secara nasional maupun global mampu mewujudkan kampus yang lebih lestari dan keberlanjutan lingkungan.

"Mudah-mudahan ini momentum kita sebagai perguruan tinggi dan masyarakat untuk saling menjaga lingkungan dan alam, mengembangkan ilmu pengetahuan serta mendorong keberlanjutan lingkungan kedepannya, agar anak cucu kita nanti dapat menikmati lingkungan yang asri, nyaman dan aman," ujarnya.

Ikuti kami di
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas