Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Universitas Indonesia, Adaptif terhadap Perubahan, Bertahan sebagai yang Terdepan

THE mengukur kinerja UI sebagai perguruan tinggi yang berdampak pada sejumlah tujuan pembangunan berkelanjutan dengan nilai terbaik di Indonesia.

Universitas Indonesia, Adaptif terhadap Perubahan, Bertahan sebagai yang Terdepan
Istimewa
Pencapaian Universitas Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebagai salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia dan yang terdepan, tentu saja daya pikat Universitas Indonesia (UI) terasa begitu kuat bagi para calon mahasiswa baru. Segala pencapaian yang diraih UI, menjadi magnet bagi mereka.

Salah satunya adalah ketika pada akhir April 2021, misalnya, UI menempati posisi sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan Asia Tenggara berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Times Higher Education (THE) World University Rankings 2021. Penilaian tersebut berdasarkan aspek Partnerships For The Goals (Kemitraan) UI.

THE mengukur kinerja UI sebagai perguruan tinggi yang berdampak pada sejumlah tujuan pembangunan berkelanjutan, dengan nilai terbaik di Indonesia, ditinjau dari skor pada SDG 17-Partnerships For The Goals (Kemitraan) dengan empat indikator penilaian, yakni Research on SDG 17, Relationships to support the goals, Publication of SDG reports, dan Education for the SDGs.

Pemeringkatan ini melibatkan 94 negara di dunia. Skor tertinggi UI itu diperoleh pada bidang yang mampu memberikan dampak luas bagi sosial dan ekonomi bangsa berdasarkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) melalui aktivitas Penelitian, Pengajaran, dan Pengabdian Masyarakat.

UI juga merupakan perguruan tinggi terbaik di Indonesia dalam University Rankings 2021 versi SCImago Institutions Rankings.

Mahasiswa UI Depok jaya jaya

Selain menjadi universitas terbaik di Indonesia secara keseluruhan (overall rank), UI juga meraih peringkat pertama dalam 5 Subject Area, yaitu dentistry; business, management and accounting; medicine; pharmacology, toxicology and pharmaceutics; dan psychology.

Prestasi membanggakan tersebut berasal dari pengukuran 3 indikator, yaitu kinerja riset (50%), luaran inovasi (30%), dan dampak sosial (20%) yang kesemuanya diukur melalui visibilitas web serta pengolahan data Scopus. SCImago Institutions Rankings merupakan data pemeringkatan dunia yang menilai relevansi publik terhadap riset/penelitian di suatu institusi.

Ada 5 kategori institusi yang dinilai, yaitu institusi pemerintah, institusi kesehatan, perusahaan, lembaga nirlaba, dan universitas.

Sebagai kampus yang inklusif, unggul, toleran, dan nyaman bagi sivitas akademika, UI terus berupaya memberikan yang terbaik sesuai perubahan dinamika di masyarakat dan pasar kerja. Salah satunya adalah dengan membuka beberapa proram studi (prodi) baru di UI, mulai dari jenjang vokasi hingga program magister.

Tahun ini, lewat jalur Seleksi Masuk (SIMAK) UI, Program Pendidikan Vokasi UI untuk pertama kalinya menerima mahasiswa D4 (S1 Terapan) untuk prodi Bisnis Kreatif, Manajemen Rekod dan Arsip, Manajemen Bisnis Pariwisata, Produksi Media, Fisioterapi, dan Terapi Okupasi.

Di level S1 Paralel, prodi baru adalah Teknik Perkapalan, Teknik Komputer, dan Arsitektur Interior, sedangkan untuk level magister adalah Manajemen Bencana (Sekolah Ilmu Lingkungan), Fisika Medis (FMIPA), dan Perencanaan Wilayah dan Kota, Manajemen Integritas Material, dan Teknik Lingkungan (Fakultas Teknik).

Pembukaan prodi baru ini diharapkan akan menghasilkan para lulusan yang membutuhkan sumber daya manusia dengan kompetensi yang sesuai zaman. Sebagai perguruan tinggi unggulan, UI senantiasa adaptif dan responsif terhadap dinamika pendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2012, Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar. (*)   

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas