Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

UI Tawarkan Program Studi Baru di SIMAK UI

Pertama kalinya UI menerima mahasiswa D4 (S1 Terapan) untuk prodi Bisnis Kreatif, Manajemen Rekod dan Arsip, Manajemen Bisnis Pariwisata, dan lain-lai

UI Tawarkan Program Studi Baru di SIMAK UI
Istimewa
Universitas Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Universitas Indonesia (UI) akan menyelenggarakan ujian seleksi terpadu bagi calon mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 melalui jalur Seleksi Masuk UI atau SIMAK UI.

Pendaftaran ujian SIMAK UI untuk Program Sarjana dan Vokasi dilakukan pada 3 Mei – 9 Juni 2021, ujian pada 16 Juni 2021 untuk Program Kelas Internasional dan 19 – 20 Juni 2021 untuk S1 Reguler, Paralel, dan Vokasi. Hasil seleksi akan diumumkan pada 30 Juni 2021. Program seleksi yang tersedia dalam SIMAK UI antara lain program Vokasi (D3 dan D4), S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Kelas Internasional, S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor.

UI membuka kesempatan bagi pendaftar S1 Reguler SIMAK UI dengan kuota sebesar 50%. Jumlah tersebut sangat besar jika dibandingkan seleksi lewat tes SNMPTN (20%) dan SBMPTN (30%).

Program Pendidikan Vokasi (D3 dan D4) adalah program pendidikan jenjang diploma untuk mempersiapkan tenaga ahli sesuai keterampilan di bidangnya. Lulusan D3 akan mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md) dan lulusan D4 akan mendapat gelar Sarjana Terapan (S.Tr). S1 Reguler merupakan program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dengan batasan usia ijasah maksimal 3 tahun kelulusan pada saat pendaftaran --SIMAK 2021, misalnya, bisa diikuti lulusan tahun 2021, 2020, dan 2019.

Lulusan S1 Reguler akan memeroleh gelar kesarjanaan Strata 1 sesuai jurusan yang ditempuh. Sedangkan S1 Paralel dan D3 merupakan program pendidikan untuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tanpa syarat batasan usia ijasah.

Materi seleksi SIMAK UI adalah kriteria nilai UTBK (untuk pendaftar S1 Reguler) dan nilai ujian SIMAK UI yang terdiri dari kemampuan dasar (matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris) untuk semua jurusan. Lalu ditambah dengan matematika IPA, biologi, fisika, kimia (untuk kemampuan IPA) atau ekonomi, sejarah, geografi dan sosiologi (kemampuan IPS).

Tahun ini, lewat jalur Seleksi Masuk (SIMAK) UI, pertama kalinya UI menerima mahasiswa D4 (S1 Terapan) untuk prodi Bisnis Kreatif, Manajemen Rekod dan Arsip, Manajemen Bisnis Pariwisata, Produksi Media, Fisioterapi, dan Terapi Okupasi. Di level S1 Paralel, prodi baru adalah Teknik Perkapalan, Teknik Komputer, dan Arsitektur Interior, sedangkan untuk level magister adalah Manajemen Bencana (Sekolah Ilmu Lingkungan), Fisika Medis (FMIPA), dan Perencanaan Wilayah dan Kota, Manajemen Integritas Material, dan Teknik Lingkungan (Fakultas Teknik)

Pembukaan prodi baru di UI ini diharapkan akan mampu mengisi kebutuhan sumber daya manusia sesuai tuntutan di bursa kerja pada saatnya.

Untuk informasi lebih lengkap dan detail tentang penerimaan mahasiswa UI, silakan mengunjungi tautan di: penerimaan.ui.ac.id.

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas