Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Teman Belajar Anak

Cegah Kecanduan Gadget, Simak Tips Memilih Mainan Edukasi Bagi si Kecil

Selama pandemi, orang tua memiliki peran besar untuk bisa menjadi teman bermain sekaligus belajar untuk anak di rumah.

BizzInsight
Cegah Kecanduan Gadget, Simak Tips Memilih Mainan Edukasi Bagi si Kecil
iStock
Ilustrasi anak bermain 

TRIBUNNEWS.COM - Selama pandemi, orang tua memiliki peran besar untuk bisa menjadi teman bermain sekaligus belajar untuk anak di rumah.

Akan tetapi, tak sedikit orang tua yang mengalami kesulitan dalam memilih mainan yang tepat. Akhirnya, diambillah jalan pintas dengan memberikan smartphone atau gadget lainnya agar anak tidak rewel.

Gadget memang bisa membantu anak bermain sambil belajar, namun penggunaannya harus Bunda batasi, misalnya hanya satu jam per hari.

Melansir Halodoc, kecanduan gadget pada anak dapat mengganggu waktu tidur, bahkan mencederai kesehatan mental anak.

Sebagai ganti gadget, Bunda bisa memberikan anak mainan yang tak hanya menghibur, tetapi juga dapat memberikan pengetahuan dan nilai-nilai baik untuk anak. Berikut beberapa tips memilih mainan edukatif yang tepat untuk Si Kecil.

Sesuaikan dengan usia anak

Agar bisa menikmati kegiatan bermain yang dilakukannya, penting bagi Bunda untuk memilih mainan yang sesuai dengan usia si Kecil.

Hal ini dikarenakan di setiap proses tumbuh kembangnya, anak memerlukan stimulus atau rangsangan yang berbeda sehingga harus disesuaikan.

Jika permainan edukatif yang Bunda berikan tak sesuai dengan usia anak, si Kecil pun bisa stres dan cepat bosan karena tidak memahami dan menikmati permainan tersebut.

Mainan yang aman

Agar si Kecil bisa bermain dengan nyaman, pastikan Bunda memilih mainan yang aman untuknya. Sebab, tak sedikit juga mainan yang beredar di pasaran mengandung material berbahaya atau mudah lepas dan juga tajam.

Selain itu, anak pun belum memahami risiko atau bahaya dari permainan yang dipegangnya. Maka dari itu, dengan memastikan keamanan mainan yang digunakan anak, Bunda tentu bisa lebih tenang dalam mengawasi dan mendampingi si Kecil bermain.

Mengajarkan pengetahuan umum dan agama

Selain membuat si Kecil ceria, pilihlah mainan yang mengandung konten edukasi, mulai dari pengetahuan umum, nilai-nilai yang baik dalam kehidupan, hingga pengetahuan agama.

Bunda bisa memilih mainan Smart Hafiz Versi 5 sebagai media alternatif pengganti gadget yang dilengkapi dengan berbagai konten edukasi Islami, pengetahuan umum hingga konten hiburan.

Terlebih, bulan Ramadan ini menjadi momen yang tepat untuk Bunda mengenalkan konten edukatif Islami untuk menemani anak menghabiskan waktu di rumah.

Smart Hafiz Versi 5 adalah produk mainan canggih dengan 200++ fitur dan konten edukasi mulai dari pengetahuan Islami, pengetahuan umum, serta konten hiburan seperti menyanyi, menari, sampai berolahraga bersama.

Kini, Smart Hafiz Versi 5 hadir dengan 5 fitur terbaru yang terdiri dari 2 fitur otomatis, yakni fitur “One Day One Juz”, “Ruang Mengaji”, “Sentuh & Belajar”, “Hafiz Point”, dan fitur “Jam Sholat”.

hafizversi5

Sebagai teman bermain dan belajar terlengkap untuk anak, Smart Hafiz Versi 5 dapat membantu Bunda dalam memupuk pengetahuan serta rasa cinta anak kepada agama Islam sejak dini.

Dengan fitur-fitur yang melengkapi versi terbaru ini, anak bisa belajar disiplin untuk belajar berwudhu, belajar salat 5 waktu, belajar mengaji, murattal juz 1-29, menghafal Asmaul Husna, hingga mendengarkan dakwah dari Dai Cilik.

gadget Smart Hafiz Versi 5 manfaat

Yang lebih menarik lagi, ada fitur Hafiz Point yang dapat memotivasi anak mengumpulkan poin khusus ketika menyelesaikan misi dari fitur-fitur yang ada.

Selain itu, fitur terbaru “Sentuh & Belajar” juga memungkinkan anak untuk bisa belajar Al-Quran dengan menyenangkan.

Tak hanya konten ajaran Islami, pada Smart Hafiz Versi 5 juga terdapat konten pengetahuan umum yang disajikan dengan menarik, seperti menyanyi lagu Islami hingga lagu daerah, membaca dan mendengarkan kisah Islami, menonton film edukatif, hingga menari dan juga berolahraga bersama.

Ketimbang menyuapinya dengan gadget, lebih baik berikan anak sarana bermain dan belajar yang lengkap, apalagi jika ia dapat mengenal agama Islam sejak dini. Setuju, kan, Bun?

Informasi lebih lanjut bisa klik di sini.

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Bardjan      

Ikuti kami di
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas