Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Guru Binar, Platform Pengembangan Karir Guru: Inovasi Pelatihan Guru Era 4.0

Guru Binar memberikan akses terhadap beragam pelatihan yang kontekstual dan aplikatif serta bersertifikat hingga 128 Jam Pelajaran.

Editor: Content Writer
zoom-in Guru Binar, Platform Pengembangan Karir Guru: Inovasi Pelatihan Guru Era 4.0
TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas
Guru Kelas 5 SDN 03 Manggarai, Riche sedang mengajar saat pembelajaran tatap muka pada Rabu (7/4/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Era globalisasi merupakan salah satu hal penting untuk disoroti, karena tidak dapat dipungkiri hal ini sangat kuat pengaruhnya pada segenap sektor kehidupan, termasuk pada sektor pendidikan. Hal yang dititik beratkan salah satunya adalah kemampuan guru dalam menyajikan pembelajaran. Tentunya hal ini mendorong pentingnya pengembangan profesional guru dalam mendukung profesinya sebagai tenaga pendidik.

Sayangnya masih banyak guru yang merasa sulit untuk mendapatkan pengembangan profesional karena minimnya akses pelatihan. Selain itu, waktu, tempat bahkan biaya untuk pelatihan pun sulit dijangkau oleh para guru di Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri, pandemi Covid-19 yang melanda satu tahun terakhir ini berdampak terhadap perubahan aktifitas belajar-mengajar. Para guru harus bergerak cepat menyesuaikan keadaan dengan mempersiapkan materi hingga metode pembelajaran, sehingga banyak keterampilan baru yang perlu dimiliki seorang guru untuk dapat menjaga keberlangsungan pembelajaran.

Sebagai respon terhadap permasalahan tersebut, Putera Sampoerna Foundation (PSF) mengembangkan pelantar pengembangan karir guru dengan nama Guru Binar. Pelantar ini bertujuan untuk memberikan akses pelatihan dan meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan yang terstruktur, terukur, sesuai dengan kebutuhan, yang waktu dan tempat pengerjaannya dapat disesuaikan dengan para pengguna (belajar swapacu). 

Guru Binar memberikan akses terhadap beragam pelatihan yang kontekstual dan aplikatif serta bersertifikat hingga 128 Jam Pelajaran atau setara dengan 4 angka kredit. Guna mengoptimalkan proses pelatihan, Guru Binar juga dilengkapi dengan fitur untuk berdiskusi dengan fasilitator agar setiap penggunanya dapat dengan mudah berkonsultasi dengan fasilitator pengampu kelas pelatihan yang diambil. 

Selain sertifikat, setiap pengguna yang telah menyelesaikan kelas akan mendapatkan portofolio hasil pelatihan yang telah dievaluasi oleh fasilitator Guru Binar. Selain pelatihan, bentuk pengembangan karir lainnya yang dapat diakses oleh para pendidik adalah Program Menulis Bersama, Program Penelitan Bersama, dan Program Bootcamp- sebuah program persiapan pengembangan konten dan pengembangan diri sebagai fasilitator/ trainer.

“Guru Binar dirancang sebagai alternatif solusi terhadap keterbatasan akses pelatihan dan sebagai sebuah media belajar yang adaptif dan kreatif andalan guru Indonesia. Melalui Guru Binar, kami tidak hanya berupaya untuk memberikan akses pengembangan diri berkualitas seluas-luasnya kepada para pendidik, namun juga kami membangun komunitas pembelajar yang saling belajar, berbagi, dan mendukung,” ujar Juliana, Head of Program and Development Putera Sampoerna Foundation.

BERITA REKOMENDASI

Pelantar yang resmi diluncurkan pada bulan Oktober 2020 ini yang semula dikenal dengan nama LenteraEdu (Learn, Teach, Accelerate on Education) telah memberikan pelatihan kepada kurang lebih 20.000 pengguna ditahun pertamanya. Nama Guru Binar mencerminkan seorang guru yang antusias, kreatif, adaptif, dan pembelajar sepanjang hayat yang senantiasa berkontribusi dalam sebuah komunitas pembelajar professional yang saling mendukung. 

“Alhamduliah pelatihan di Guru Binar sangat membantu saya dalam menggali potensi dan mengembangkan kemampuan saya sebagai guru,” ucap Lia Waliah S.Pd.I, salah satu pengguna Guru Binar yang telah mengikuti kelas pelatihan di gurubinar.id.

Dengan adanya platform ini diharapkan dapat memberikan akses melalui penyediaan beragam pelatihan daring berkualitas bagi para guru yang akhirnya akan berdampak pada kualitas lulusan di Indonesia. Pelantar ini dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia pada laman https://gurubinar.id(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas