Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Proses Observasi Memudahkan Pemetaan Bakat dan Minat Calon Peserta Didik Baru

Direktur Sekolah Prestasi Global Ahmad Faisal, menyatakan sekolahnya menjalankan metode observasi dalam menjaring calon siswa.

Proses Observasi Memudahkan Pemetaan Bakat dan Minat Calon Peserta Didik Baru
dok.
Sekolah Prestasi Global menjalankan metode observasi dalam menjaring calon siswa. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tahun ajaran 2021 – 2022 segera dimulai, sekolah-sekolah bersiap menyambut siswa baru. Dalam menjaring calon siswa banyak metode yang digunakan pihak sekolah.

Direktur Sekolah Prestasi Global Ahmad Faisal, mencontohkan, sekolahnya menjalankan metode observasi dalam menjaring calon siswa.

"Proses observasi ini adalah bagian pendalaman pengetahuan dan peminatan calon siswa didik baru yang dilaksanakan oleh PresGo Psikologi Center (PPC). Hal ini dilakukan untuk memudahkan mempetakan bakat minat serta kemampuan pengetahuan siswa sehingga nantinya sekolah lebih mudah memberikan layanan serta pendampingan ke peserta didik," jelas Ahmad Faisal, di Depok,sabtu (29/5/2021).

Observasi yang dilakukan oleh SMP Prestasi Global dilaksanakan oleh para psikolog yang kompeten dibidangnya, yang nantinya para psikolog ini juga berperan penting dalam proses pembelajaran dan pendampingan peserta didik.

Baca juga: Curhat Guru Soal PJJ: Lebih Mengena Kalau Sekolah Tatap Muka

"Jadi para psikolog benar benar menjadi pendamping siswa jika nanti ditemukan adanya hambatan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar," terangnya.

Menurut Ahmad Faisal, tujuan diadakannya observasi ini agar calon siswa/siswi baru SMP Prestasi Global dapat dikelompokan berdasarkan kemampuan penguasaan ilmu dalam banyak bidang seperti Eksak, Sosial budaya dan keagamaan.

Baca juga: Kemendikbud Harap Vaksinasi Tenaga Pendidik Mampu Akselerasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Dari sini nantinya siswa siswi akan didampingi oleh GPS (guru pendamping siswa) sesuai dengan kemampuan bidang ilmu pengetahuannya, agar nantinya siswa tersebut dapat berkembang dengan bakat dan minat kemampuan masing masing.

Baca juga: Mahasiswa Membutuhkan Soft Skill yang Sesuai dengan Industri

"Hal ini tentunya akan lebih memudahkan sekolah dan juga orang tua untuk terus mengarahkan potensi siswa dalam meraih cita citanya sesuai kemampuan yang dimilikinya," kata dia.

Adapun alur pendaftaran di SMP Prestasi Global meliputi, Pengisian Formulir, Observasi Individual dan dilanjutkan dengan pengumuman hasil serta daftar ulang untuk memulai administrasi kesiswaannya.

Dalam kegiatan penerimaan siswa baru tersebut, SMP Prestasi Global melakukannya secara online maupun offline.

Ikuti kami di
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas