Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

MWA UI Gelar Webinar Pendidikan Indonesia untuk Masa Depan Bangsa dan Kemanusiaan

Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) menggelar webinar dengan tema "Pendidikan Indonesia untuk Masa Depan Bangsa dan Kemanusiaan".

MWA UI Gelar Webinar Pendidikan Indonesia untuk Masa Depan Bangsa dan Kemanusiaan
screenshot
Ketua MWA UI, Saleh Husin dalam webinar dengan tema "Pendidikan Indonesia untuk Masa Depan Bangsa dan Kemanusiaan", Rabu (2/6). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) menggelar webinar dengan tema "Pendidikan Indonesia untuk Masa Depan Bangsa dan Kemanusiaan".

Ketua MWA UI, Saleh Husin mengatakan, webinar tersebut bertujuan menjawab persoalan-persoalan esensial.

Antara lain, ucap Saleh, bagaimana pendidikan berperan nyata dan berdampak membentuk karakter dan tidak semata terfokus pada pendidikan pada pembentukan kecerdasan.

"Agar institusi pendidikan dapat berbagi tugas mendidik manusia Indonesia dengan pemangku kepentingan," kata Saleh dalam webinar tersebut, Rabu (2/6).

Rektor UI Ari Kuncoro mengatakan saat ini manusia sedang berhadapan dengan tantangan masa depan seperti krisis pandemi Covid-19. Ari berujar, kondisi tersebut bisa menjadi pemantik.

"Dan apalagi kita tak antisipatif dan menyiapkan diri sebaik-baiknya," ucap Ari.

Acara tersebut diselenggarakan hari ini, Rabu (2/6/2021) mulai pukul 09.00 sampai 15.00 ini menampilkan beberapa pembicara. Webinar dibagi menjadi dua sesi. 

Sesi pertama menampilkan Debora Comini (Perwakilan UNICEF untuk Indonesia) dengan tema "Pendidikan Inklusif". Kemudian Prof. Dr. Greg Fealy (Australia-Indonesia Institute (AII); Australian National University (ANU)) dengan tema "Global Mindset & Intercultural Skills".

Selanjutnya adalah KH.Abdul Hakim Mahfudz (Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang dengan tema "Pendidikan Swadaya Masyarakat" dan terakhir Prof. Drs. Muhammad Nasir, M.Si, Akt., Ph.D (Ketua MWA Universitas Diponegoro) dengan tema "Transformasi Pola Pikir yang Terbuka, Toleran dan Demokratis".

Baca juga: Kemendikbudristek: Masyarakat dan Pemerintah Berperan Penting Wujudkan Pendidikan Kelas Dunia

Sesi kedua menampilkan Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek RI dengan tema "Visi di Balik Program Merdeka Belajar". 

Kemudian Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris (Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan UI) dengan tema "Merdeka Belajar di Universitas Indonesia"

Berikutnya adalah Dr. (HC) Noni Purnomo, B.Eng., M.B.A. (Anggota MWA UI & CEO Blue Bird Group) dengan tema "Kompetensi Lulusan yang Dibutuhkan Industri". Kemudian, Randy Jusuf (Managing Director, Google Indonesia) yang bertema "Quo Vadis Pendidikan Tinggi Indonesia?"

Ikuti kami di
Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas