Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kemendikbudristek Ingin Layanan Pendidikan Tinggi Bebas Korupsi

pendidikan tinggi merupakan lingkungan tempat menyiapkan sumber daya manusia unggul yang harus bebas dari korupsi.

Kemendikbudristek Ingin Layanan Pendidikan Tinggi Bebas Korupsi
screenshot
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Nizam 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Nizam mengatakan pihaknya berupaya mewujudkan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Dirinya berharap Zona Integritas WBK WBBM dapat terwujud pada tahun ini.

“Sudah selayaknya, suatu keharusan Ditjen Dikti menjadi zona yang berintegritas, zona yang bebas dari korupsi, bebas dari kolusi, bebas dari nepotisme dan wilayah birokrasi yang bersih melayani," ujar Nizam dalam webinar Membangun Budaya Anti Grafitikasi, Kamis (17/6/2021).

Menurut Nizam, pendidikan tinggi merupakan lingkungan tempat menyiapkan sumber daya manusia unggul yang harus bebas dari korupsi.

Nizam mengatakan ada tiga langkah yang perlu dilakukan untuk mewujudkan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Langkah pertama adalah meluruskan niat dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, para mahasiswa serta dunia pendidikan tinggi.

"Luruskan dengan niat yang bersih, niat untuk dengan semangat ibadah, semangat untuk pengabdian dengan memberikan yang terbaik tanpa diganggu dengan keinginan keinginan pribadi," ucap Nizam.

Baca juga: Pendidikan Vokasi Harus Cetak Siswa yang Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

Langkah yang kedua adalah mewujudkan niat melayani dengan integritas yang tinggi untuk masyarakat di lingkungan pendidikan tinggi.

Sementara yang ketiga, menurutnya dengan menjalankan tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan penelitian, pengabdian masyarakat.

"Pendidikan untuk mewujudkan insan yang berintegritas, insan yang bersih dari korupsi, insan yang penuh dengan semangat menghapus korupsi dari birokrasi," pungkas Nizam.
 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas