Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemendikbudristek Ingin Layanan Pendidikan Tinggi Bebas Korupsi

pendidikan tinggi merupakan lingkungan tempat menyiapkan sumber daya manusia unggul yang harus bebas dari korupsi.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kemendikbudristek Ingin Layanan Pendidikan Tinggi Bebas Korupsi
screenshot
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Nizam 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Nizam mengatakan pihaknya berupaya mewujudkan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Dirinya berharap Zona Integritas WBK WBBM dapat terwujud pada tahun ini.

“Sudah selayaknya, suatu keharusan Ditjen Dikti menjadi zona yang berintegritas, zona yang bebas dari korupsi, bebas dari kolusi, bebas dari nepotisme dan wilayah birokrasi yang bersih melayani," ujar Nizam dalam webinar Membangun Budaya Anti Grafitikasi, Kamis (17/6/2021).




Menurut Nizam, pendidikan tinggi merupakan lingkungan tempat menyiapkan sumber daya manusia unggul yang harus bebas dari korupsi.

Nizam mengatakan ada tiga langkah yang perlu dilakukan untuk mewujudkan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Langkah pertama adalah meluruskan niat dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, para mahasiswa serta dunia pendidikan tinggi.

"Luruskan dengan niat yang bersih, niat untuk dengan semangat ibadah, semangat untuk pengabdian dengan memberikan yang terbaik tanpa diganggu dengan keinginan keinginan pribadi," ucap Nizam.

Baca juga: Pendidikan Vokasi Harus Cetak Siswa yang Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

BERITA TERKAIT

Langkah yang kedua adalah mewujudkan niat melayani dengan integritas yang tinggi untuk masyarakat di lingkungan pendidikan tinggi.

Sementara yang ketiga, menurutnya dengan menjalankan tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan penelitian, pengabdian masyarakat.

"Pendidikan untuk mewujudkan insan yang berintegritas, insan yang bersih dari korupsi, insan yang penuh dengan semangat menghapus korupsi dari birokrasi," pungkas Nizam.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas