Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Resensi Buku

Cuan Saham dengan Teknik Ichimoku

Saham merupakan intrumen yang menarik buat invetasi. Sejauh mana kita mengetahu seluk beluk saham? Buku jawabannya/

Cuan Saham dengan Teknik Ichimoku
Istimewa
cover buku

Ditulis oleh : Sari Mulia Eri (Editor penerbit BIP)

Siapa sih yang tidak tahu instrumen investasi satu ini?

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang paling populer, potensial, dan menjanjikan keuntungan besar. Saham banyak dipilih para investor karena saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik. Ada dua keuntungan yang diperoleh investor dengan membeli atau memiliki saham, yakni Dividen (pembagian laba perusahaan) dan Capital Gain (pertumbuhan dari nilai saham). Inilah yang menjadikan saham semakin dilirik banyak orang, termasuk para investor pemula yang mulai membanjiri pasar modal.

Berinvestasi saham jangan asal-asalan, lho! Karena saham juga memiliki risiko, antara lain Capital Loss (kebalikan dari Capital Gain, yaitu suatu kondisi di mana investor menjual saham lebih rendah dari harga beli) dan Risiko Likuidasi (perusahaan yang sahamnya dimiliki, dinyatakan bangkrut oleh pengadilan, atau perusahaan tersebut dibubarkan).

Sehingga penting sekali edukasi tentang strategi berinvestasi di pasar modal, khususnya bagi para investor atau trader saham pemula agar bisa menghasilkan profit secara konsisten.

Nah, salah satu strategi investasi saham yang bisa digunakan adalah Ichimoku Kinko Hyo, analisis teknikal klasik asal Jepang yang telah teruji dan terbukti berhasil oleh sekuritas di Jepang dan seluruh dunia.

Ichimoku Kinko Hyo diciptakan agar para trader atau investor dapat mengerti kondisi pasar secara mendalam, hanya dengan melihat chart secara sekilas.

Indikator ini unik dibanding dengan indikator lainnya yang sudah ada. Indikator ini multifungsi, yang bisa berdiri sendiri tanpa bantuan indikator lain untuk membantu kita mengikuti trend.

Oleh karena itu, Ichimoku Kinko Hyo bisa dikatakan sebagai rajanya indikator karena dengan sekali lirikan atau sekilas pandang, kita bisa melihat secara menyeluruh keadaan market, arah market, support, dan resistant-nya, serta kapan kita melakukan entry dan exit. Kita juga akan mengetahui seberapa kuat sinyal untuk beli dan jual.

Di dalam Ichimoku Kinko Hyo terdapat beberapa elemen atau komponen yang dijadikan sebagai panduan di dalam menentukan ENTRY dan EXIT, yakni Tenkan Sen, Kijun Sen, Chikou span, Span A, Span B, dan Kumo.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas