Game Online Edukatif Bantu Siswa Atasi Rasa Jenuh Belajar Selama Pandemi
Sekolah BPK Penabur Jakarta membuat terobosan agar siswa didik tidak merasa bosan selama mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Choirul Arifin
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi
TRIBUNNEWS.COM - Sekolah BPK Penabur Jakarta membuat terobosan agar siswa didik tidak merasa bosan selama mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19.
Untuk mengurangi kejenuhan dan kebosanan anak didik di tingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasar yang belajar menggunakan skema PJJ, menciptakan sebuah game online edukatif yang dapat diunduh di berbagai gadget kekinian.
Pengurus BPK Penabur Jakarta Yudhian Fantoni mengatakan pihaknya meluncur game online edukatif 'BEST Adventure' pada Senin (12/7/2021).
Game yang ditujukan untuk anak usia 3-9 tahun dikatakannya merupakan terobosan dari BPK Penabur Jakarta, sehingga di era disrupsi dan transformasi digital tidak hanya mengajak anak bermain game, tetapi juga menanamkan nilai-nilai PKBN2K (Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani).
Baca juga: Akademi Bhinneka Tantang Mahasiswa Bangun Industri B2B e-Commerce
"Dikhususkan untuk membuat pembelajaran anak fun sembari belajar dengan melatih kecerdasan anak baik motorik maupun kognitif serta mengembangkan karakter sopan santun, takut akan Tuhan, ulet, berprestasi, dan bisa bergaul dengan masyarakat," ujar Yudhian Fantoni, Senin (12/7/2021) dalam keterangan tertulisnya.
Baca juga: Pemerintah akan Berikan Bantuan Kuota Internet Bagi 27,67 Siswa, Mahasiswa, dan Tenaga Pendidik
Game ini dapat diakses oleh siapapun, termasuk anak yang tidak bersekolah di BPK Penabur Jakarta, sehingga mereka memiliki pengalaman seperti belajar di BPK Penabur Jakarta
'BEST Adventure' mengajak anak berpetualang bersama Timothy dan Kinan yaitu dua karakter 'BEST Kids'. Setelah memasukkan nama dan menentukan karakter yang diinginkan.
Baca juga: Platform Edutech Dukung Guru dan Siswa Maksimalkan Kegiatan Belajar Daring
Pada level pertama anak diajak untuk berpetualang di dalam rumah dan menyelesaikan misi antara lain menangkap benda sesuai dengan box yang dipilih, misalkan menangkap boneka, dan seterusnya.
Jika sudah menyelesaikan misi di level pertama, anak diajak untuk berpetualang ke level selanjutnya seperti berpetualang ke dapur, peternakan, supermarket, serta sekolah dengan menyelesaikan misi yang berbeda-beda di setiap levelnya.
Game ini memperkenalkan anak mengenai coding atau bahasa pemrogaman, seperti yang ada dalam ekstrakurikuler yang ada di sekolah.
Adapun coding menjadi salah satu ekstrakurikuler unggulan yang ada di jenjang TK dan SD. Mulai Tahun Pelajaran 2021-2021 pembelajaran coding terus diperluas dimana melatih kemampuan computer science pada anak, sehingga memiliki literasi digital yang mumpuni.