Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Solusi Pelaksanaan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Tengah Pandemi

Masa pandemi seperti sekarang ini program tersebut masih bisa dilakukan secara daring dan diharapkan jadi inovasi baru pendidikan di Indonesia

Solusi Pelaksanaan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Tengah Pandemi
Freepik
Ilustrasi mahasiswa 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sudah lebih dari satu tahun, pandemi covid-19 belum juga berakhir.

Bahkan saat ini jumlah orang yang terpapar virus di Indonesia semakin meningkat.

Berbagai upaya penanggulangan terus dilakukan untuk meredam penyebaran virus, mulai dari kebijakan pembatasan sosial berskala kecil hingga besar yang dilakukan diberbagai daerah di Indonesia.

Kebijakan-kebijakan inilah yang kemudian membawa banyak perubahan bagi berbagai sektor di Indonesia, tanpa terkecuali sektor pendidikan.

Mulai dari perubahan sistem kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara jarak jauh, serta peniadaan aktivitas-aktivitas yang menunjang pembelajaran diberlakukan demi meredam jumlah penyebaran virus covid-19.

Baca juga: Kursus Daring di Kampung Inggris Kediri Diminati, Lojakan Peserta Capai 300 Persen

Salah satu program yang terancam terhambat karena adanya pandemi covid-19 adalah program merdeka belajar-kampus merdeka.

Lantas bagaimana upaya pemerintah dalam menunjang Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka di masa pandemi?

Sub Koordinator Kerja Sama Ditjen Dikti Kemendikbud-ristek Republik Indonesia, Firman Hidayat menjelaskan bahwa dalam masa pandemi seperti sekarang ini, program tersebut masih bisa dilakukan secara daring dan diharapkan jadi inovasi baru pendidikan di Indonesia.

"Kemendikbud sudah melaksanakan kegiatan kampus merdeka walau tantangan cukup berat karena ada pandemi tapi kita bisa sikapi dgn solusi-solusi dengan kegiatan-kegiatan virtual," ujar Firman dalam Media Gathering virtual Swiss German University belum lama ini.

Baca juga: Alur Layanan Telemedisin Bagi Pasien Isolasi Mandiri, Konsultasi Daring hingga Obat Gratis

Program Kampus Merdeka sendiri, kata Firman memiliki beragam program kerja mulai dari Kampus Mengajar, Magang, Studi Independen, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Indonesian International Student Mobility Awards, KKN Tematik, Proyek Kemanusiaan, Riset atau Penelitian, hingga Wirausaha.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas