Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Lolos Seleksi PTN

6 Tips Belajar Efektif Agar Lolos Seleksi PTN, Siapkan dari Sekarang yuk!

PTN memang masih jadi incaran primadona bagi para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

BizzInsight
6 Tips Belajar Efektif Agar Lolos Seleksi PTN, Siapkan dari Sekarang yuk!
Shutterstock
Ilustrasi belajar online. 

TRIBUNNEWS.COM – Ajang ‘perebutan’ kursi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selalu berjalan ketat dari tahun ke tahun. PTN memang masih jadi incaran primadona bagi para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pada pertengahan Juni 2021 lalu, misalnya, pengumuman kelulusan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menunjukan jumlah total pendaftar SBMPTN 2021 sebanyak 777.858 siswa, sementara yang lolos hanya 184.942.

Apakah kamu juga bermimpi untuk lolos seleksi PTN? Kalau iya, saatnya lakukan persiapan matang dari sekarang! Meski waktu seleksi masih jauh di depan mata, persiapan belajar sejak dini akan memperbesar kesempatan untuk tembus universitas impian!

Berikut 6 tips belajar efektif yang bisa kamu coba untuk lolos seleksi PTN.

Menentukan jam belajar yang ideal

Belajar berlebihan dalam waktu singkat atau dengan ‘sistem kebut semalam’ tak hanya membuat performa belajar dan nilai memburuk, tetapi juga mengorbankan waktu istirahat dan kewajiban lainnya.

Maka itu, solusi terbaik adalah menentukan jam belajar yang ideal dari jauh hari.

Dikutip dari Kompas, waktu ideal untuk menentukan jam belajar yakni pada jam 10 pagi hingga 2 siang dan pukul 4 sore sampai 10 malam.

Jika kamu telah memiliki jam belajar ideal, kamu bisa mengerahkan seluruh tenaga dan fokusmu pada waktu dan porsi yang tepat tanpa harus mengganggu kegiatan penting lainnya.

Buat agenda belajar dan target

Jika kamu sudah punya jam belajar ideal, saatnya merancang agenda belajar pribadi. Buatlah jadwal belajar mulai dari hari Senin sampai Minggu.

Per harinya, jadwalkan mata pelajaran, bab, maupun materi apa yang akan dipelajari.

Ilustrasi agenda dan jadwal belajar.

Agar lebih efektif dan menantang, selalu tentukan target belajar dalam setiap agenda. Misalnya, pada jam belajar di hari ini, kamu harus bisa memecahkan soal-soal latihan, pada hari berikutnya, kamu harus rampung membaca atau merangkum satu bab materi, dan lain-lain.

Sering latihan soal dan evaluasi

Jika telah terbiasa mengerjakan soal, kamu akan makin fasih memecahkan persoalan, mempertajam kemampuan menerapkan rumus, hingga memahami pola dan trik pengerjaan soal.

Tak hanya membuatmu makin terlatih, kamu juga dapat mengatasi kecemasan dan kegugupan saat ujian yang sebenarnya berlangsung.

Sebagai saran, mulailah latihan dari soal-soal tahun lalu dan soal prediksi yang biasa diberikan sekolah atau lembaga bimbingan belajar.

Jangan lupa lakukan evaluasi atas soal yang telah dikerjakan. Dengan evaluasi, kamu bisa mengoreksi kesalahan yang dilakukan dan berpotensi tidak mengulanginya saat hari ujian tiba.

Kurangi waktu untuk hiburan

Menikmati hiburan seperti main gim, nonton film, traveling, atau hangout bareng teman sah-sah saja untuk relaksasi. Namun, jangan terlalu sering sampai kamu membuang jam belajar dengan sia-sia.

Pastikan porsi jam belajarmu jauh lebih banyak dari waktu hiburan. Terlebih jika waktu ujian semakin dekat.

Kelak jika berhasil lolos seleksi PTN, kamu bisa ‘menghadiahi’ diri sendiri dengan melakukan hiburan sebanyak-banyaknya. Jadi, untuk sementara, tak ada salahnya mengerem aktivitas bersenang-senang demi impian itu.

Lakukan gaya hidup sehat

Terapkan disiplin hidup sehat, seperti rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, makan tepat waktu, menghindari begadang, dan bangun di pagi hari.

Tubuh yang sehat akan mendukung performa belajar yang baik, sehingga kamu mampu mempersiapkan seleksi PTN dengan efektif. Maka itu, pertahankan terus pola hidup sehat agar kamu bisa tetap fit sampai hari H tiba!

Coba cara belajar yang lebih menyenangkan

Agar aktivitas belajar tidak monoton dan membosankan, carilah cara belajar yang menyenangkan, misalnya dengan memanfaatkan bimbel online Pahamify.

logo pahamify

Pahamify adalah platform belajar online paling seru di Indonesia yang berisi puluhan ribu video pembelajaran premium beranimasi, kuis, dan ringkasan, dengan menggabungkan sains belajar, filmmaking, gamifikasi, dan tampilan yang seru.

Pahamify memiliki misi untuk mengembangkan performa pelajar melalui persiapan tes atau ujian digital, serta dukungan melalui live-tutoring dan konten belajar yang menarik.

Selain itu, Pahamify juga ingin mendampingi pelajar mencapai potensi terbaiknya dengan membantu mereka menemukan keseruan belajar.

Kamu dijamin tidak akan bosan saat belajar online di aplikasi ini. Sebab, bimbel online Pahamify memiliki metode do, review, apply, dan learn. Metode ini menghadirkan video belajar yang menarik yang membahas materi pelajaran secara mendalam. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk latihan soal, lho!

Ada beragam produk yang ditawarkan Pahamify, mulai dari Belajar Konsep dengan sangat seru, jajal langsung Try Out Online dan Kuliah, belajar live streaming secara eksklusif bersama rockstar teacher yang super friendly di Live Class, hingga Pahamify Accelerator Program, program belajar intensif yang dilakukan selama 9 bulan dan terbukti telah meloloskan 8 dari 10 peserta ke perguruan tinggi negeri favorit.

Kamu bisa mengakses segala fitur belajar online yang asyik lewat program Bimbel Intensif SBMPTN yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa mendapatkan akses paket belajar dengan promo yang menarik dan lebih hemat!

Yuk, jadikan impianmu lolos PTN jadi selangkah lebih dekat daftarkan diri di Pahamify! Untuk info lebih lanjut mengenai produk dan paket belajar, klik di sini.

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Bardjan          

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas