Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kemendikbudristek Minta Perguruan Tinggi harus Berperan Menumbuhkan Potensi Daerah 

Kolaborasi antara perguruan tinggi dengan industri sangat penting dilakukan untuk menggali berbagai potensi sumber daya di daerah

Kemendikbudristek Minta Perguruan Tinggi harus Berperan Menumbuhkan Potensi Daerah 
screenshot
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Nizam 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam menyampaikan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri untuk memperkuat perekonomian bangsa. 

Menurut Nizam, upaya kolaborasi antara perguruan tinggi dengan industri sangat penting dilakukan untuk menggali berbagai potensi sumber daya di daerah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

"Perguruan tinggi harus mampu berperan dalam menumbuhkan berbagai potensi daerah yang dapat digarap untuk pengembangan perekonomian baik dari sektor pariwisata, ekonomi kreatif maupun pengembangan UMKM," kata Nizam melalui keterangan tertulis, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Survei Indikator: Tingkat Kepercayaan Masyararakat Terhadap TNI-Polri Lebih Tinggi Dibanding KPK

Dirinya berharap kolaborasi antara perguruan tinggi dengan industri maupun dunia usaha akan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan adaptif terhadap perubahan zaman. 

“Saya berharap dengan lulusan-lulusan perguruan tinggi yang unggul, kita mampu mewujudkan mimpi Indonesia Emas di tahun 2045," ujar Nizam. 

Nizam mendorong sivitas akademika perguruan tinggi untuk selalu berinovasi melakukan riset-riset maupun kajian untuk pengembangan potensi daerah

Selain itu, Nizam berharap bahwa berbagai riset ataupun inovasi perguruan tinggi harus mampu menjawab kebutuhan-kebutuhan dunia usaha dan dunia industri sehingga inovasi-inovasi tersebut dapat dihilirkan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas