Tribun

Materi Sekolah

Teknologi Perkembangbiakan Tumbuhan: Hidroponik, Vertikultur dan Kultur Jaringan Tumbuhan

Berikut adalah macam-macam teknologi perkembangbiakan pada tumbuhan, yakni: Hidroponik, Vertikultur dan Kultur Jaringan Tumbuhan.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Garudea Prabawati
Teknologi Perkembangbiakan Tumbuhan: Hidroponik, Vertikultur dan Kultur Jaringan Tumbuhan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Berikut adalah macam-macam teknologi perkembangbiakan pada tumbuhan, yakni: Hidroponik, Vertikultur dan Kultur Jaringan Tumbuhan. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut adalah macam-macam teknologi perkembangbiakan pada tumbuhan.

Banyak jenis tumbuhan dapat dikembangbiakkan menggunakan metode di bawah ini.

Namun, tiap-tiap tumbuhan memerlukan perlakuan khusus agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Baca juga: Perkembangbiakan Tumbuhan Lumut sebagai Organisme Pionir

Baca juga: Perkembangbiakan Tumbuhan Paku: Vegetatif dan Generatif

a. Hidroponik

Petugas mengecek tanaman yang ditanam dengan menggunakan teknik hidroponik didalam container farming dan agro electrifying di Agro Edukasi Wisata Ragunan, Jakarta, Selasa (12/10/2021). Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memperkenalkan container farming dan agro electrifying yang merupakan budidaya pertanian di dalam kontainer tanpa menggunakan tanah dan dengan memanfaatkan teknologi dari sinar Ultra Violet (UV). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas mengecek tanaman yang ditanam dengan menggunakan teknik hidroponik didalam container farming dan agro electrifying di Agro Edukasi Wisata Ragunan, Jakarta, Selasa (12/10/2021). Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memperkenalkan container farming dan agro electrifying yang merupakan budidaya pertanian di dalam kontainer tanpa menggunakan tanah dan dengan memanfaatkan teknologi dari sinar Ultra Violet (UV). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Hidroponik merupakan cara penanaman tumbuhan dengan menggunakan larutan nutrisi dan mineral dalam air dan tanpa menggunakan tanah.

Tanaman darat khususnya sayuran seperti paprika, tomat, timun, terong, dan selada dapat ditanam secara langsung dalam wadah yang berisi nutrisi atau dengan ditambah medium yang tak larut dalam air, misalnya kerikil, arang, sekam, spons, serbuk kayu, dan lain sebagainya.

Ilmuwan menemukan bahwa tumbuhan menyerap nutrisi yang penting dalam bentuk ion-ion yang terlarut dalam air.

b. Vertikultur

Vertikultur merupakan metode budidaya tanaman dengan cara membuat instalasi secara bertingkat (vertikal) dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah tanaman.

Teknik budidaya ini merupakan konsep penghijauan yang cocok untuk daerah perkotaan dan lahan terbatas.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas