Tribun

Perguruan Tinggi Berperan Penting Cegah Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Anak Muda

Nantan Kepala BNN Komjen Pol (Purn) Anang Iskandar mengajak para mahasiswa agar memperdalam literasi terkait pencegahan narkoba. 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Choirul Arifin
Perguruan Tinggi Berperan Penting Cegah Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Anak Muda
dok.UMB
Dialog Interaktif bertema "Upaya Penanganan Rehabilitiasi Pencandu Narkoba," Selasa (16/11/2021). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mercu Buana Rizky Briandana menekankan pentingnya peran perguruan tinggi dalam pencegahan narkoba di kalangan anak muda. 

Menurut Rizky, narkoba telah menjadi isu global untuk ditangani seluruh pihak. 

"Narkoba merupakan isu global sehingga diperlukan Kerjasama dan masukan dari berbagai pihak untuk mengatasinya dan Universitas Mercu Buana komit untuk menjadi kampus sehat," ujar Rizky melalui keterangan tertulis, Kamis (18/11/2021). 

Hal tersebut diungkapkan Rizky dalam Dialog Interaktif dengan tema "Upaya Penanganan Rehabilitiasi Pencandu Narkoba" yang diselenggarakan oleh Biro Kemahasiswaan Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mercu Buana via Zoom.

Baca juga: 10 Upaya Pencegahan Diri dari Bahaya Narkoba

Sementara itu, mantan Kepala BNN Komjen Pol (Purn) Anang Iskandar mengajak para mahasiswa agar memperdalam literasi terkait pencegahan narkoba. 

Langkah ini, menurutnya, diperlukan agar mahasiswa tidak masuk ke dalam lingkaran narkoba.

Baca juga: Alasan BNNP Bali Menobatkan Jerinx SID, Ajik Krisna dan Jun Bintang Jadi Duta Anti Narkoba

"Jangan terbujuk dan tetap waspada, bentengi diri dengan kuat melalui life skill dan pengetahuan," ujar Anang.

Sekjen ARTIPENA Prof Ardiansyah mengatakan mahasiswa perlu mewaspadai lingkungan terdekat agar tidak terkena bujuk rayu.

"Jadilah kita orang yang peduli, peduli anak bangsa ke depannya, hal ini bisa menjadi cara untuk mencegah narkoba," pungkas Ardiansyah.

Dalam penutupan dialog, Titik Haryati juga berpesan untuk memulai hidup sehat tanpa narkoba, jangan dekati narkoba dan jauhkanlah, oleh karena itu kekuatann karakter harus dimiliki oleh kita semua dan milikilah dengan daya tangkal.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas