Tribun

Dukung Ketahanan Pangan, Perguruan Tinggi Pacu Kualitas Lulusan Ilmu Gizi 

Ilmu pangan juga mempelajari dan menemukan cara untuk memastikan bahwa apa yang kita makan dalam keadaan aman

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Choirul Arifin
Dukung Ketahanan Pangan, Perguruan Tinggi Pacu Kualitas Lulusan Ilmu Gizi 
IST
Kepala Jurusan Food Science and Nutrition Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) Siti Muslimatun 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Jurusan Food Science and Nutrition Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) Siti Muslimatun menekankan pentingnya ilmu pangan dan gizi dalam kehidupan manusia. 

Dia menekankan, sangat penting bagi masyarakat luas agar mempelajari ilmu tentang pangan dan gizi dengan memahami kebutuhan gizi harian yang tepat; termasuk di dalamnya mengenali jenis-jenis pangan sesuai kandungan zat gizinya dan proses pengolahan.

“Ilmu pangan lebih dari sekadar apa yang kita masukkan ke dalam tubuh kita. Ilmu pangan juga mempelajari dan menemukan cara untuk memastikan bahwa apa yang kita makan dalam keadaan aman," ujar Siti melalui keterangan tertulis, Rabu (24/11/2021). 

Siti menambahkan, pangan dapat juga menyebabkan penyakit yang mematikan. Karena itu, menjaga keamanan pangan serta keberlangsungan produksi bahan pangan sangat penting.

Baca juga: Hadapi La Nina: Stok Pangan Aman, Akses Distribusi Rawan Bermasalah

Dalam hal ini perguruan tinggi memiliki peran penting dalam menanamkan literasi soal pangan dan gizi. 

Menurutnya, banyak keuntungan yang diperoleh dari mempelajari Ilmu pangan dan gizi karena banyak sektor memerlukan tenaga kerja yang memahami ilmu pangan dan gizi.

Baca juga: Kementan Dorong Pengembangan Hilirisasi dan Ekspor Pangan Lokal

Perusahaan-perusahaan industri makanan dan minuman membutuhkan ahli ilmu pangan dan gizi untuk ditempatkan pada bagian research and development.

"Lulusan Ilmu Gizi juga punya kesempatan yang luas untuk berwirausaha, salah satunya usaha katering. Dengan berwirausaha, kamu pun ikut menciptakan lapangan kerja," tuturnya.

Dia menambahkan, instansi pemerintah juga memerlukan tenaga dari bidang ilmu pangan dan gizi dalam kegiatan penetapan standar, inspeksi pangan, surveillans pangan dan gizi serta penyuluhan dan komunikasi kepada masyarakat umum. 

I3L merupakan salah satu perguruan tinggi yang membuka jurusan ilmu pangan dan gizi yang mengikuti standar internasional. Standar ini diterapkan dalam ilmu yang dipelajari dan fasilitas yang digunakan dalam proses perkuliahan.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas