Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sambut Hardiknas 2022, PINKAN Indonesia Gelar Final Lomba Kolintang Pelajar SD dan SMP

Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia  mengadakan Lomba Virtual Kolintang Tingkat Usia SD dan SMP tahun 2022. 

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Sambut Hardiknas 2022, PINKAN Indonesia Gelar Final Lomba Kolintang Pelajar SD dan SMP
Ist
Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia  mengadakan Lomba Virtual Kolintang Tingkat Usia SD dan SMP tahun 2022. Final lomba virtual kolintang tingkat usia SD dan SMP dihadiri oleh Ketua Umum PINKAN Indonesia Penny Iriana, Pembina Sanggar Limeka Mayjen TNI (Purn) Lodewyk Pusung, Dewan Pengawas RRI Edriman Butar- Butar dan Ketua Panitia Lomba Endang Indra dan Pengurus PINKAN Indonesia serta beberapa tokoh-tokoh pemerhati Kolintang. (Istimewa) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional tahun 2022 serta mendukung kolintang goes to UNESCO,  Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia  mengadakan Lomba Virtual Kolintang Tingkat Usia SD dan SMP tahun 2022. 

Final lomba virtual kolintang tingkat usia SD dan SMP dihadiri oleh Ketua Umum PINKAN Indonesia Penny Iriana, Pembina Sanggar Limeka Mayjen TNI (Purn) Lodewyk Pusung, Dewan Pengawas RRI Edriman Butar- Butar dan Ketua Panitia Lomba Endang Indra dan Pengurus PINKAN Indonesia serta beberapa tokoh-tokoh pemerhati Kolintang.

Selain hadir secara tatap muka, final fomba juga disiarkan secara langsung melalui programa 4 RRI dan radio visual RRINet, Youtube RRINet official serta Youtube PINKAN Indonesia, Jumat (13/5) pukul di auditorium Abdurahman Saleh RRI Jakarta.




Ketua Umum PINKAN Indonesia Penny Marsetio pada sambutannya mengatakan, Kolintang merupakan warisan budaya tak benda Indonesia asal Minahasa.

Oleh karena itu diadakan Lomba ini untuk menumbuh kembangkan bakat serta minat anak-anak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional 2022.

Penny Marsetio menjelaskan, lomba ini digelar untuk mengetahui sampai dimana kolintang ini dikenal oleh anak-anak tingkat dasar. 

Selain itu, juga untuk menggaungkan kolintang agar dikenal seluruh rakyat Indonesia dan tersebar di  nusantara dan mancanegara.

BERITA TERKAIT

“Insan pecinta kolintang berupaya untuk mendapatkan pengakuan internasional melalui UNESCO. Kolintang adalah suatu alat pemersatu budaya dan ini akan kita perjuangkan, agar menjadi kebanggan bangsa Indonesia dan Sulawesi Utara,” kata Penny Marsetio dalam keterangannya.

Baca juga: Dukung Kolintang Goes to UNESCO, PINKAN Indonesia akan Gelar Lomba Virtual Nasional Tingkat SD - SMP

Sementara itu Ketua Panitia Lomba Endang Indra menyampaikan laporan peserta pomba yang diikuti oleh 28 peserta yaitu 12 dari katagori SD dan 16 Dari katagori SMP.

Final lomba ini merupakan rangkaian puncak pada Lomba Virtual Kolintang Tingkat SD dan SMP. Sebelumnya, para peserta lomba telah mendaftar  dari tanggal 6 Februari sampai dengan 30 April 2022  dengan menampilkan  kolintang konvensional yang terdiri dari tujuh sampai dengan sepuluh alat dan  menyanyikan satu lagu daerah nusantara secara Virtual.

Lomba Kolintang ini merupakan Ajang pertamakali yang digelar Pinkan Indonesia untuk Tingkat SD dan SMP yang bertujuan  mencari dan menumbuh kembangkan bakat serta minat anak – anak tingkat SD dan SMP dalam bermusik khususnya seni musik kolintang dan mengantarkan Ansambel Musik Kolintang Kayu (AMKK) Minahasa agar diakui dunia (goes to Unesco). 

Adapun dewan juri yang hadir pada saat penilaian para finalis Lomba tersebut yaitu cendi lutungan, Recky Pangkareo dan Jimmy Manopo.

Selanjutnya pemenang mendapatkan piala, e-sertifikat dan uang pembinaan yang diserahkan simbolis secara langsung dari ketua Umum PINKAN kepada juara 1 kategori SD dan SMP akan mendapatkan Rp 10 juta, juara 2 Rp 7,5 juta, juara 3 Rp 5 juta, juara 4 Rp 3 juta dan juara 5 mendapatkan Rp 2 juta.

Berikut daftar pemenang lomba Tingkat SD Juara 1 Grup Shining Star, Juara 2 Jala Kids, Juara 3 Ma Leo-Leosan Kids, Juara 4 SDN Negeri Treman A, dan Juara 5 SD Inpres Asabri Kolongan.

Sedangkan pemenang lomba Tingkat SMP, Juara 1 SMP Negeri 1 Tomohon, Deo Gloria Efrata Kaneyan, Juara 3 The Sound Of Xavier, Juara 4 SMP Katolik Johanis Laikit, dan Juara 5 SMP Kristen Woloan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas