Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penilaian Webometricts Dorong Perguruan Tinggi Tingkatkan Mutu Pendidikan

Webometrics merupakan salah satu sistem pemeringkatan universitas di dunia dinilai berdasarkan visibility impact (50%), openness (10%), dan excellence

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Penilaian Webometricts Dorong Perguruan Tinggi Tingkatkan Mutu Pendidikan
screenshot
Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka), Gunawan Suryoputro membeberkan berbagai capaian Uhamka sepanjang 2021. 

Penilaian Webometricts Dorong Perguruan Tinggi Tingkatkan Mutu Pendidikan

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rektor Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka), Gunawan Suryoputro menilai peringkat Webometricts dapat memotivasi perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu.

Webometrics merupakan salah satu sistem pemeringkatan universitas di dunia.

Dalam membangun motivasi institusi, dinilai berdasarkan visibility impact (50 persen), openness (10 % ), dan excellence (40 % ).

Baca juga: Uhamka Raih Peringkat 1 Webometrics Kategori Kampus Muhammadiyah

Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) Prof. Gunawan Suryoputro menerima kunjungan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di ruang rapat I Rektorat Lantai IV Jakarta Timur, Selasa (3/2/2020).
Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) Prof. Gunawan Suryoputro menerima kunjungan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di ruang rapat I Rektorat Lantai IV Jakarta Timur, Selasa (3/2/2020). (Istimewa)

Baca juga: Rektor Uhamka: Lingkungan Kampus Harus Responsif Terhadap Isu Gender

"Uhamka saat ini sedang berbenah menuju akreditasi unggul, dengan adanya penilaian webometrics ini tentu akan menjadi semangat dan motivasi untuk bisa bergerak lebih cepat, interaktif dan tangguh," ujar Gunawan melalui keterangan tertulis, Jumat (17/6/2022).

Dari sisi impact, Webometrics menilai jaringan media dan informasi yang tersebar di dunia digital yang merujuk informasi tentang universitas. 

BERITA TERKAIT

Saat ini Uhamka memiliki impact Webometrics tertinggi dari 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aiysiyah se-Indonesia dan Malaysia. 

Baca juga: Buka Prodi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia, Rektor Uhamka: Jumlahnya Masih Minim

Gunawan juga menambahkan  selama ini Uhamka menjadi poros berkeadaban yang mampu mengintegrasikan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah pada setiap civitas akademika.

"Hal ini selaras dengan visi misi Uhamka sebagai Prophetic Teaching University di masa depan," ucap Gunawan.

Uhamka, kata Gunawan, selalu berkomitmen dalam meningkatkan mutu kurikulum, tata kelola, sarana  prasarana dan teknologi, serta yang terpenting adalah peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas