Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ingin Anak Sekolah di Luar Negeri, Berikut Hal-hal yang Harus Dipersiapkan

penentuan sekolah tingkat SMP atau SMA yang tepat sangat menentukan bagaimana anak itu nanti bisa siap berjuang di luar negeri. 

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Ingin Anak Sekolah di Luar Negeri, Berikut Hal-hal yang Harus Dipersiapkan
Freepik
ilustrasi mahasiswa - Kepala Jenjang SPK BPK Penabur Jakarta, Suyanti Witono mengatakan perencanaan menyekolahkan anak di luar negeri membutuhkan berbagai persiapan dan pertimbangan matang.  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi
 
 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Di era keterbukaan informasi, semakin banyak anak Indonesia yang menginginkan berkuliah di luar negeri. 

Kepala Jenjang SPK BPK Penabur Jakarta, Suyanti Witono mengatakan perencanaan menyekolahkan anak di luar negeri membutuhkan berbagai persiapan dan pertimbangan matang. 




Menurut dia, penentuan sekolah tingkat SMP atau SMA yang tepat sangat menentukan bagaimana anak itu nanti bisa siap berjuang di luar negeri. 

"Kurikulum diakui di dunia sehingga memudahkan anak beradaptasi, pembiasaan penggunaan bahasa secara global, dan pengalaman pengalaman yang hanya bisa didapat jika bersekolah di sekolah internasional," tuturnya, dalam keterangan yang diterima pada Sabtu (6/8/2022). 

Baca juga: PNM PKU Menggelar Webinar SDGs Pendidikan Berkualitas kepada Wanita Ultra Mikro

Sebelum berkuliah di luar negeri harus mempunyai persiapan matang dan kombinasi akademik-non akademik. 

Menurut dia, SMA menjadi jenjang akhir peserta didik melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, terutama bagi peserta didik yang ingin berkuliah di luar negeri. 

BERITA TERKAIT

"Kurikulum dengan nuansa pembelajaran aktif, interaktif, sehingga peserta didik dapat memimpin dan bertanggung jawab dengan pembelajaran secara mandiri," ujarnya. 

Para siswa sekolah di Boven Digoel menerima bantuan beasiswa dan alat tulis untuk menunjang pendidikan mereka.
Para siswa sekolah di Boven Digoel menerima bantuan beasiswa dan alat tulis untuk menunjang pendidikan mereka. (ist)

Selain itu, kata dia, peserta didik dilatih agar terbiasa menulis, membuat laporan saintifik, piawai dalam berwawancara, dan tentu terbiasa berbahasa Inggris baik lisan maupun tertulis. 

"Pembiasaan seperti inilah yang menjadi bekal baik bagi peserta didik ketika masuk ke universitas di luar negeri," ujarnya. 

Untuk itu, dia menjelaskan, pembelajaran di sekolah diharapkan berjalan menyenangkan, membentuk karakter terpuji dan membangun kebiasaan baik peserta didik. 

"Bukan sekadar akademik saja, tetapi progres positif yang signifikan," tuturnya. 

Untuk itu, melalui 'Joyful Learning', SPK BPK Penabur Jakarta  mempersiapkan peserta didik untuk dapat diterima di universitas luar negeri. 

Salah satunya melalui program kerja sama NCUK-BPK Penabur Jakarta. 

Pada Sabtu (6/8/2022) BPK Penabur Jakarta. mengadakan Open House "Joyful Learning" untuk tahun pelajaran 2023-2024. 

Kegiatan berlangsung onsite di SPK BPK Penabur Tanjung Duren berlokasi di Jalan Tanjung Duren Raya No.4, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. 

Dan SPK BPK Penabur Kelapa Gading yang berlokasi di Jalan Boulevard Bukit Gading Raya Blok A5-A8 6, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas