Tribun

Bertandang ke Swiss, Delegasi UI Perluas Kemitraan Pendidikan Vokasional

Universitas Indonesia (UI) berkomitmen meningkatkan global engagement dan memperluas jejaring kemitraan internasional

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Bertandang ke Swiss, Delegasi UI Perluas Kemitraan Pendidikan Vokasional
istimewa
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Abdul Haris didampingi Direktur Program Pendidikan Vokasi Padang Wicaksono ke Swiss pada 3-9 September 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) berkomitmen meningkatkan global engagement dan memperluas jejaring kemitraan internasional dalam hal pendidikan vokasional.

Hal itu sejalan dengan kunjungan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Abdul Haris didampingi Direktur Program Pendidikan Vokasi Padang Wicaksono ke Swiss pada 3-9 September 2022.

Prof. Haris mempresentasikan peluang dan potensi kerja sama Program Vokasi UI di hadapan para Pimpinan EHL Hospitality Business School yang merupakan sekolah tinggi pariwisata terbaik di Dunia versi QS World University Rangkings kategori Hospitality and Leisure Management tahun 2022.

Dia diterima oleh Managing Director of EHL Advisory Service, Andre Mack.

Baca juga: Dorong Peningkatan Pendidikan Vokasional Tanah Air, PNJ Gandeng Ondokuz Mayis University Turki

Prof. Haris menilai menyampaikan kunjungan ke Swiss kali ini sangat penting bagi Program Vokasi UI mengingat Swiss merupakan salah satu negara yang sangat serius dalam mengembangkan keterampilan profesional.

“Swiss memiliki kampus-kampus ternama yang fokus pada pengembangan skill, ilmu terapan, dan berorientasi pada profesionalitas,” kata Prof Haris dikutip Kamis (8/9/2022).

Menurutnya, besar sekali manfaat dan peluang UI dalam meningkatkan pendidikan vokasional ke depan, terlebih UI baru saja membuka program D4 atau Sarjana Terapan sehingga kerja sama vokasi harus terus ditingkatkan.

“Kunjungan ini semakin relevan dalam konteks Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang mengedepankan link and match dunia pendidikan tinggi dan dunia nyata”, pungkasnya,” imbuhnya.

Selain itu, Prof. Haris juga menghadiri penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara UI dengan International Management Institute (IMI) di Kota Luzern, disaksikan langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Prof. Muliawan Hadad.

Tak lupa, Prof. Haris turut menyapa dan diskusi dengan mahasiswa Indonesi di IMI, serta menghadiri pameran vokasi Swiss Skills 2022 di Kota Bern. Delegasi UI juga disambut oleh Jacques Ducrest dan Erik Swars dari Swiss Federal University for Vocational Education and Training (SFUVET).

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas