Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 40 41 Kurikulum Merdeka: TIK-K7-01
Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 40 41 Kurikulum Merdeka TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grafis.
Penulis: Arif Fajar Nasucha
Editor: Suci BangunDS
TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 40 41 Kurikulum Merdeka TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grafis.
Pada Buku Informatika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka halaman 40 dan 41, siswa diminta untuk membuka aplikasi kalkulator pada komputer atau ponsel.
Selanjutnya, siswa diminta untuk menghitung ekspresi sesuai yang ada pada tabel.
Setelah selesai, siswa diminta untuk mencoba aplikasi lain, yakni kalender dan File Explorer.
Acuan artikel ini adalah Buku Informatika SMP Kelas VII oleh Maresha Caroline Wijanto dkk yang diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Baca juga: Contoh Soal UAS, PAS TIK Kelas 12 Semester 1. Beserta Jawabannya
Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 40 dan 41 - TIK-K7-01: Berkenalan dengan Antarmuka Berbasis Grafis
Apakah kalian tahu bahwa banyak jenis ponsel, berbeda merk, dan berbeda sistem operasinya? Namun, walaupun berbeda merk, berbeda sistem operasi, dan sedikit berbeda antarmukanya, semua ponsel memiliki fungsi yang sama.
Hal ini bisa dianalogikan dengan alat lain, seperti mobil, televisi, atau alat elektronik berbagai merk, yang sebetulnya memiliki fungsi yang sama, hanya tampilannya yang sedikit berbeda.
Pada aktivitas ini, kalian berlatih mengenali jenis-jenis objek pada antarmuka berbasis grafis (GUI).
Apa yang Kalian Perlukan?
- Komputer/ponsel yang telah terpasang sistem operasi.
Apa yang Harus Kalian Lakukan?
- Bukalah aplikasi kalkulator pada komputer/ponsel kalian!
- Hitunglah ekspresi berikut, sambil mencoba berinteraksi!
Jawaban:
1. 2 + 7 + 3 = 12
2. 2 * 7 * 3 = 42
3. 45 : 60 = 0,75
4. -2 + 9 = 7
5. 34^2 = 1.156
6. √16/2 = 2
Berikut gambarannya:
- Setelah selesai, klik ikon/tombol-tombol berikut dan tentukan kegunaan objek-objek dalam windows calculator.
Jawaban:
1. Menutup jendela (tombol yang terletak di kanan atas) / perkalian
2. Menyembunyikan jendela (tombol yang terletak di atas sebelah tombol menutup jendela) / pengurangan
3. Memperbesar jendela atau layar penuh kalkulator
4. Memperkecil jendela
5. Layar kalkulator
6. Nama aplikasi (Calculator/Kalkulator)
7. Menampilkan kalkulator pada pojok layar komputer
8. Tombol menu (navigasi)
9. Angka tujuh
10. Angka satu
11. Tombol sama dengan untuk menampilkan hasil perhitungan
12. Untuk kembali ke nol atau memulai perhitungan awal
- Setelah itu, cobalah aplikasi lain, yaitu Calendar/Kalender, dan File Explorer.
Carilah objek-objek baru yang tidak ada di aplikasi kalkulator, dan tulislah dalam lembar kerja berikut:
Jawaban:
1. Print: untuk mencetak sesuatu yang diinginkan, di aplikasi kalender bisa untuk mencetak bulan yang diinginkan.
2. Switch to mail: di aplikasi kalender berguna untuk mengirim kalender melalui email.
3. Copy: Menyalin/menggandakan
4. Paste: menempelkan sebuah file atau dokumen.
5. Rename: mengganti nama file yang diinginkan.
6. Cut: memindahkan sebuah file ke tempat tujuan.
7. Zip: mengompres file.
Baca juga: Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 35 36 Kurikulum Merdeka: Banyak Batang Kayu Minimal
*)Disclaimer:
- Artikel Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 40 41 Kurikulum Merdeka hanya ditujukan kepada orang tua atau wali untuk memandu proses belajar anak.
- Sebelum menengok kunci jawaban Kelas 7 Halaman 40 41 Kurikulum Merdeka, siswa dianjutkan mengerjakan soal tersebut secara mandiri.
- Gunakan artikel ini untuk mengoreksi pekerjaan tersebut.
- Beberapa soal di atas mengandung pertanyaan terbuka, artinya terdapat jawaban alternatif lain yang tidak terpaku seperti kunci jawaban.
(Tribunnews.com/Fajar)