Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP Halaman 24 Kurikulum Merdeka

Simak kunci jawaban materi IPA Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka halaman 24, disertai materi, soal, dan juga penjelasannya berikut ini.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP Halaman 24 Kurikulum Merdeka
Buku IPA kelas 8 Kurikulum Merdeka
Cover Buku IPA kelas 8 Kurikulum Merdeka - Simak kunci jawaban materi IPA Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka halaman 24, disertai materi, soal, dan juga penjelasannya berikut ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah kunci jawaban buku IPA Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka halaman 24 .

Materi IPA ini akan membahas tentang Spesialisasi Sel.

Siswa akan mengerjakan soal Aktivitas 1.7 Bab 1 Sel C Spesialisasi Sel.




Kunci jawaban mata pelajaran IPA Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka pada artikel ini bisa menjadi referensi atau panduan siswa dalam belajar.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP Halaman 24 Kurikulum Merdeka

Ayo Cari Aktivitas 1.7

Ayo Kita Mencari Informasi Tentang Sel Punca Carilah informasi melalui koran atau internet mengenai dua eksperimen yang menggunakan sel punca. Gunakan informasi tersebut untuk membuat kesimpulan dari apa yang telah kita pelajari di kelas, sertakan diagram atau gambar yang mendukung riset tersebut. Kalian juga harus bisa mendeskripsikan dan membuat ringkasan, mengapa sebagian orang mendukung riset sel punca, sementara ada juga yang menolak riset tersebut. Kaitkanlah riset mengenai sel punca dengan salah satu faktor berikut: kesehatan, ekonomi, sosial, budaya, etika, lingkungan. Produk dapat berupa poster, komik ataupun essai.

SOAL IPA KELAS 8
SOAL IPA Kelas 8

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 122-123 Buku Tematik, Subtema 3: Energi Alternatif

JAWABAN

BERITA TERKAIT

Sel punca, sel induk, sel batang (bahasa Inggris: stem cell) merupakan sel yang belum berdiferensiasi dan mempunyai potensi yang sangat tinggi untuk berkembang menjadi banyak jenis sel yang berbeda di dalam tubuh Sel punca juga berfungsi sebagai sistem perbaikan untuk mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak demi kelangsungan hidup organisme. Saat sel punca terbelah, sel yang baru mempunyai potensi untuk tetap menjadi sel punca atau menjadi sel dari jenis lain dengan fungsi yang lebih khusus, misalnya sel otot, sel darah merah atau sel otak.

Saat ini Indonesia telah memiliki dua lembaga yang dapat mengolah sel punca yaitu Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga dan Kalbe Farma. Sel punca nasional telah dapat diterapkan pada 20 jenis penyakit, tetapi baru 5 jenis sel punca yang telah dapat dikembangkan secara massal.

Contoh 1: Eksperimen menggunakan sel punca untuk penyakit Parkinson

Dalam eksperimen ini, peneliti menggunakan sel punca embrionik untuk menghasilkan neuron dopamin yang hilang pada penderita Parkinson. Neuron dopamin ini diimplan ke dalam otak hewan model atau diperkenalkan dalam model organoid, yaitu struktur yang menyerupai organ di laboratorium. Hasilnya menunjukkan bahwa sel punca yang diarahkan untuk menjadi neuron dopamin dapat menggantikan sel-sel yang hilang dan meningkatkan gejala motorik pada hewan model Parkinson.

Contoh 2: Eksperimen menggunakan sel punca untuk penyakit jantung

Peneliti melakukan eksperimen dengan menggunakan sel punca pluripoten dari sumber etika yang dapat diperbaharui, seperti sel punca pluripoten induk (iPS). Mereka mengekspos sel-sel ini dengan faktor-faktor pertumbuhan tertentu untuk membentuk sel otot jantung yang khusus. Selanjutnya, sel otot jantung yang telah dibentuk ini diimplan ke dalam jantung hewan model yang mengalami kerusakan jantung akibat serangan jantung. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa sel punca pluripoten yang telah diarahkan untuk menjadi sel otot jantung dapat mengurangi kerusakan jantung dan memperbaiki fungsi jantung hewan model tersebut.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 37 Pembelajaran 3 Subtema 1 Kurikulum 2013

*) Disclaimer:

- Kunci jawaban hanya digunakan untuk referensi belajar anak.

- Kunci jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

- Sebelum melihat kunci jawaban, sebaiknya siswa sudah mengerjakan sendiri soal-soal tersebut.

(Tribunnews.com/Oktavia WW)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas