Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Persiapkan Talenta Digital Berkualitas, SMA Internasional Ini Tawarkan Jurusan IT!

Persiapkan talenta digital yang lebih berkualitas, SMA Internasional ini menawarkan jurusan informasi dan teknologi (IT).

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
Editor: Anniza Kemala
zoom-in Persiapkan Talenta Digital Berkualitas, SMA Internasional Ini Tawarkan Jurusan IT!
Istimewa
Ilustrasi teknologi dan informasi (IT) 

TRIBUNNEWS.COM - Di era digital yang terus berkembang, pendidikan memainkan peran penting dalam mempersiapkan generasi masa depan yang adaptif. Hal ini yang harus disadari oleh semua institusi pendidikan di Indonesia. 

Salah satu cara untuk mencetak generasi masa depan yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman adalah menekankan penguasaan teknologi dan informasi atau IT. 

Melansir World Economic Forum (WEF), pekerjaan yang menjanjikan di masa depan masih akan berkaitan erat dengan teknologi, termasuk bidang teknologi informatika. WEF berpandangan mereka yang lulus dari jurusan IT dibutuhkan untuk mengembangkan kecerdasan buatan (AI), yang akan menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat modern. 




Maka itu, mengembangkan talenta digital yang menguasai teknologi informasi perlu dilakukan sejak sedini mungkin, terutama di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), salah satunya dengan menghadirkan jurusan teknik informatika. 

Faktanya, jurusan teknik informatika tidak lagi hanya populer di kalangan mahasiswa di zaman serba digital ini. Tak sedikit siswa SMA yang sudah menaruh ketertarikan dan menunjukkan bakat pada bidang tersebut. 

Menyadari hal tersebut, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak lagi menjadi satu-satunya yang menyediakan penjurusan teknik informatika. Beberapa SMA di Indonesia pun turut serta menghadirkan jurusan tersebut. Salah satunya adalah BINUS SCHOOL Serpong.

BERITA TERKAIT

Bertujuan memfasilitasi siswa yang memiliki minat dalam bidang IT,  BINUS SCHOOL Serpong menyediakan jurusan teknik informatika dengan dua konsentrasi kelas yang berbeda, yakni Teknik Informatika dan Sosial (IT Socio) dan Seni Teknik Informatika dan Desain (IT Art and Design). 

Dalam kelas IT Socio, siswa akan mendapatkan pembelajaran tentang teknologi informasi serta aspek-aspek sosial, bisnis, bahasa dan matematika. Biasanya siswa yang mengambil jurusan ini dapat meneruskan ke jurusan sosial di Perguruan Tinggi nasional maupun luar. Sementara itu, dalam kelas IT Art and Design, pembelajarannya memadukan keterampilan teknologi, seni dan bisnis untuk menciptakan solusi inovatif di berbagai industri. 

Selain menyiapkan siswa untuk kehidupan akademis, dua kelas ini juga memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di abad ke-21 seperti berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif, pemahaman lintas budaya, komunikasi, komputasi, serta kemandirian karir dan pembelajaran. 

"Sebagai institusi pendidikan, menyediakan fasilitas dan sarana pendidikan yang holistik merupakan kewajiban kami agar setiap siswa bisa mendapatkan pengalaman-pengalaman baru untuk “Discover New Horizons”. BINUS SCHOOL Serpong melihat bahwa siswa generasi saat ini telah memiliki ketertarikan dan cerminan karir untuk masa depannya. Sehingga, pendidikan yang berfokus pada suatu bidang juga baik dilakukan sejak dini." Berdasarkan pernyataan yang diterima oleh Tribunnews.

Berbekal wawasan yang didapatkan di jurusan IT BINUS SCHOOL Serpong, para lulusan pun memiliki potensi yang luas untuk berkarir di bidang teknologi informasi, seperti Analis Sistem, Konsultan IT, Pengembang Aplikasi, Desainer UI/UX, Animator, Ilustrator Digital hingga Pengembang Game di masa depan.

Kehadiran jurusan IT di BINUS SCHOOL Serpong menunjukkan kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh sekolah internasional ini, serta membuktikan komitmennya dalam menyediakan pendidikan yang sesuai dengan tuntutan zaman dan perkembangan teknologi. Serta mampu membantu siswa sebelum melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan memasuki dunia kerja.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas