Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban IPA Halaman 185 Kelas 10 SMA Bab 8 Kurikulum Merdeka

Berikut ini soal dan kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) halaman 185 kelas 10 Sekolah Menengah Atas (SMA) Bab 8 mengenai Aktivitas 8.1.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Kunci Jawaban IPA Halaman 185 Kelas 10 SMA Bab 8 Kurikulum Merdeka
Tribun Jabar
Ilustrasi belajar. Berikut ini soal dan kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) halaman 185 kelas 10 Sekolah Menengah Atas (SMA) Bab 8 mengenai Aktivitas 8.1. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini soal dan kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) halaman 185 kelas 10 Sekolah Menengah Atas (SMA) Bab 8 mengenai Aktivitas 8.1.

Pada halaman 185 Bab 8 tentang Pemanasan Global: Konsep dan Solusi pada bagian Aktivitas 8.1 dibahas soal tentang garis pantai dan rata-rata curah hujan.

Artikel ini hanya sebagai referensi atau panduan siswa dalam belajar.

Alangkah baiknya sebelum melihat kunci jawaban siswa terlebih dahulu mengerjakan soal sendiri.

Aktivitas 8.1

Soal

1. Lakukanlah observasi di lingkungan sekitar kalian. Yang lokasinya di sekitar pantai, amatilah dan lakukan wawancara tentang perubahan garis pantai sedangkan untuk lokasinya jauh dari pantai perhatikan pergeseran musim dan perubahan lamanya musim hujan dan musim kemarau. Kalian juga dapat melakukan observasi perubahan siklus hidup atau reproduksi hewan dan tumbuhan tertentu yang ada di sekitar Kalian.

2. Lakukanlah pencarian data ke badan BMKG tentang rata-rata suhu tahunan dan rata-rata curah hujan tahunan di daerah Kalian setidaknya selama 10 tahun belakangan ini. Jika tidak memungkinkan untuk berkunjung, Kalian dapat melakukan wawancara secara daring ataupun melalui telepon dengan salah satu petugas BMKG. Kalian juga dapat mencari informasi melalui internet tentang data tersebut. Tampilkan data yang telah Kalian temukan dalam bentuk grafik.

Jawaban

1. Perubahan garis pantai yang terjadi secara alamiah (gelombang, badai dan kenaikan paras muka laut) dan non-alamiah (aktifitas manusia: penambangan pasir, reklamasi pantai dan lain-lain) akan berpengaruh negatif baik ditinjau dari aspek strategis atau lingkungan.

BERITA TERKAIT

Aspek strategis salah satunya adalah perubahan luasan wilayah di suatu kawasan pantai, sedangkan aspek lingkungan adalah hilangnya/bertambahnya habitat, sedimentasi dan lain-lain.

Baca juga: 40 Soal UM-PTKIN 2024 dan Kunci Jawaban, Lengkap 4 Materi Ujian

Perubahan garis pantai pada umumnya karena terdapat proses abrasi, akresi dan kenaikan tinggi muka laut global. Abrasi pantai adalah mundurnya garis pantai ke arah darat dan akresi adalah majunya garis pantai ke arah laut, sedangkan kenaikan paras laut akan menyebabkan perubahan garis pantai ke arah darat yang disebabkan oleh meningkatnya volume air laut global.

Abrasi dan erosi berasosiasi pula dengan pengaruh dari pola pasang surut.

2. Rata-rata curah hujan di Indonesia berkisar antara 2.000-3.000 mm per tahun.

Indonesia merupakan negara yang dilewati oleh garis ekuator dan termasuk negara tropis.

Jadi, curah hujan di Indonesia terbilang cukup tinggi dengan rata-rata curah hujan di Indonesia berkisar antara 2.000-3.000 mm per tahun.

Meski begitu, ada beberapa daerah yang cenderung kering dan memiliki curah hujan yang sedikit.

*) Disclaimer:

Jawaban di atas hanya digunakan untuk memandu proses belajar.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas