Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jawaban PMM, Langkah Apa yang Dilakukan di Kelas Agar Peserta Didik Mendapat Pendidikan yang Sesuai?

Langkah terdekat apa yang akan dilakukan di kelas untuk memastikan setiap peserta didik mendapatkan layanan pendidikan yang sesuai? Jawaban PMM.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Jawaban PMM, Langkah Apa yang Dilakukan di Kelas Agar Peserta Didik Mendapat Pendidikan yang Sesuai?
Canva/Tribunnews
Setelah membaca materi ini, langkah terdekat apa yang akan dilakukan di kelas untuk memastikan setiap peserta didik mendapatkan layanan pendidikan yang sesuai? Ini contoh jawaban PMM. 

TRIBUNNEWS.COM - Setelah membaca materi ini, langkah terdekat apa yang akan dilakukan di kelas untuk memastikan setiap peserta didik mendapatkan layanan pendidikan yang sesuai? Berikut ini contoh jawaban soal Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Bapak/Ibu Guru mungkin akan menemukan contoh pertanyaan di atas ketika menjawab soal Modul 1 Keragaman Peserta Didik di PMM.

Pada soal tersebut, Bapak/Ibu Guru diminta untuk menulis jawaban sesuai dengan kondisi Bapak/Ibu Guru.

Contoh jawaban di artikel ini hanya berfungsi sebagai panduan bagi Bapak/Ibu Guru yang kesulitan menjawab pertanyaan seperti di atas saat mengisi PMM.

Dengan PMM, Bapak/Ibu Guru dapat memperoleh referensi mengajar, menyelaraskan pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru.

Setelah membaca materi ini, langkah terdekat apa yang akan dilakukan di kelas untuk memastikan setiap peserta didik mendapatkan layanan pendidikan yang sesuai?

Baca juga: Apa Konsekuensi Logis dari Diagram Identitas Gunung Es pada Peran Saya sebagai Guru Penggerak? PMM

Jawaban:

Sebagai seorang guru setelah membaca materi ini, langkah terdekat yang akan saya lakukan adalah:

  1. Evaluasi Kebutuhan Individual:

    Saya akan mulai dengan melakukan evaluasi terhadap setiap peserta didik di kelas untuk memahami kebutuhan mereka secara individual, misalnya analisis kemampuan akademik, gaya belajar, dan kebutuhan khusus lainnya.
  2. Penyusunan Rencana Pembelajaran Individual (RPI):

    Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, saya akan menyusun Rencana Pembelajaran Individual (RPI) yang memperhitungkan kebutuhan dan potensi setiap peserta didik. RPI ini akan menjadi panduan saya dalam merancang pembelajaran yang sesuai dan efektif.
  3. Adaptasi Metode Pengajaran:

    Saya akan menyesuaikan metode pengajaran dan strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa, termasuk penggunaan berbagai gaya belajar (visual, auditori, kinestetik), penggunaan teknologi pendukung, atau pendekatan lain yang relevan.
  4. Penggunaan Bahan Ajar yang Sesuai:

    Saya akan memilih dan mengadaptasi bahan ajar yang sesuai dengan tingkat pemahaman dan minat peserta didik. Bahan ajar ini harus mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam RPI.
  5. Pemantauan dan Evaluasi Berkala:

    Saya akan secara rutin memantau kemajuan setiap peserta didik dan melakukan evaluasi terhadap efektivitas strategi pembelajaran yang telah diterapkan. Sehingga, saya dapat menyesuaikan RPI jika diperlukan dan memastikan setiap siswa mendapatkan layanan pendidikan yang optimal.
  6. Kolaborasi dengan Rekan Guru dan Ahli:

    Saya akan berkolaborasi dengan rekan guru dan ahli pendidikan lainnya untuk mendiskusikan strategi terbaik dalam mendukung peserta didik dengan kebutuhan khusus, serta memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman kolektif untuk meningkatkan pengajaran.
  7. Keterlibatan Orang Tua:

    Saya akan melibatkan orang tua atau wali murid dalam proses pembelajaran, terutama dalam merancang dan mengevaluasi RPI, serta menyampaikan perkembangan anak mereka secara teratur.
BERITA TERKAIT

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai contoh ketika Bapak/Ibu Guru menghadapi pertanyaan serupa di Platform Merdeka Mengajar. Bapak/Ibu Guru dapat menjawab soal serupa dengan jawaban sesuai dengan kondisi masing-masing.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Artikel lain terkait Platform Merdeka Mengajar

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas