Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PMM, Apa yang Seharusnya Dilakukan, Diketahui, dan Dipahami oleh Peserta Didik di Akhir Pengajaran?

Apa yang seharusnya dilakukan, diketahui, dan dipahami oleh peserta didik di akhir pengajaran? Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in PMM, Apa yang Seharusnya Dilakukan, Diketahui, dan Dipahami oleh Peserta Didik di Akhir Pengajaran?
Canva/Tribunnews
Apa yang seharusnya dilakukan, diketahui, dan dipahami oleh peserta didik di akhir pengajaran? Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru apabila akan melakukan tahap? 

TRIBUNNEWS.COM - Apa yang seharusnya dilakukan, diketahui, dan dipahami oleh peserta didik di akhir pengajaran? Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru apabila akan melakukan tahap? Simak contoh jawaban soal Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Bapak/Ibu Guru mungkin akan menemukan contoh pertanyaan di atas ketika menjawab soal di PMM.

Kemudian, Bapak/Ibu Guru harus menulis jawaban sesuai dengan pendapat Bapak/Ibu Guru.

Jawaban soal PMM di artikel ini hanya berfungsi sebagai panduan bagi Bapak/Ibu Guru yang kesulitan menjawab pertanyaan tersebut di PMM.

Apa yang seharusnya dilakukan, diketahui, dan dipahami oleh peserta didik di akhir pengajaran? Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru apabila akan melakukan tahap?

Jawaban:

Baca juga: Cara Konfirmasi Kesediaan Peserta Diseminasi Program PKG PJOK 2024 di PMM

Pertanyaan tersebut berkaitan dengan tahap penilaian hasil belajar dalam proses pengajaran. 

Beberapa hal yang harus dilakukan, diketahui, dan dipahami oleh peserta didik yaitu:

  1. Dilakukan:

    - Praktik dan Penerapan: Peserta didik harus dapat melakukan tugas atau aktivitas yang menunjukkan penerapan dari apa yang telah mereka pelajari, seperti menyelesaikan masalah, melaksanakan proyek, atau mendemonstrasikan keterampilan.

    - Refleksi: Peserta didik harus mampu merefleksikan pembelajaran mereka, mengevaluasi kemajuan mereka, dan mengidentifikasi area di mana mereka mungkin perlu meningkatkan pemahaman atau keterampilan mereka.

    - Evaluasi dan Penilaian: Peserta didik menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari untuk menjawab pertanyaan, menyelesaikan tugas, atau berpartisipasi dalam kegiatan penilaian untuk menunjukkan pencapaian mereka terhadap tujuan pembelajaran.
  2. Diketahui:

    - Materi Pembelajaran: Peserta didik harus mengetahui konsep-konsep utama, fakta, dan informasi yang telah diajarkan selama periode tersebut.

    - Keterampilan: Peserta didik harus mengetahui keterampilan praktis atau prosedur yang telah dipelajari, seperti teknik tertentu atau cara menyelesaikan masalah.

    - Tujuan Pembelajaran: Peserta didik harus memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan bagaimana pencapaian tersebut berhubungan dengan materi yang dipelajari.
  3. Dipahami:

    - Konsep dan Prinsip: Peserta didik harus memahami konsep-konsep inti dan prinsip-prinsip yang mendasari materi pelajaran. Ini termasuk hubungan antara berbagai konsep dan bagaimana konsep tersebut diterapkan dalam konteks yang berbeda.

    - Aplikasi Pengetahuan: Peserta didik harus memahami bagaimana menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari dalam situasi nyata atau dalam konteks lain.

    - Hubungan Antar Materi: Peserta didik mMemahami hubungan antara materi yang telah dipelajari dengan materi lain yang relevan atau dengan pengetahuan sebelumnya.
BERITA REKOMENDASI

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai contoh ketika Bapak/Ibu Guru/Kepala Sekolah menghadapi pertanyaan serupa di PMM. Bapak/Ibu Guru/Kepala Sekolah dapat menjawab soal serupa dengan jawaban sesuai dengan kondisi masing-masing.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Artikel lain terkait Platform Merdeka Mengajar

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas