Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kick-off Program Toilet Sekolah Bersih, Siswa Dapat Pembekalan Soal Kesehatan dan Kenyamanan Belajar

Selain waktu belajar dan metode belajar, hal lain yang juga perlu mendapatkan perhatian di lingkungan belajar siswa adalah kebersihan toilet sekolah.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kick-off Program Toilet Sekolah Bersih, Siswa Dapat Pembekalan Soal Kesehatan dan Kenyamanan Belajar
handout
Kick off program Toilet Bersih di halaman sekolah SDN 10 Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Kamis, 8 Agustus 2024. 

Laporan Wartawan Hasiolan EP/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anak-anak usia sekolah dasar (SD) berada dalam fase pertumbuhan yang cepat dan perkembangan kognitif yang signifikan. Pada tahapan ini, mereka sangat rentan terhadap berbagai masalah kesehatan seperti malnutrisi, penyakit menular, gangguan penglihatan, dan kesehatan mental.

Untuk itu, penting memberikan perhatian penuh pada masa ini, tidak hanya pada lingkungan rumah tapi juga pada lingkungan sekolah.

Selain waktu belajar dan metode belajar, hal lain yang juga perlu mendapatkan perhatian di lingkungan belajar siswa adalah kebersihan toilet sekolah.

Alasannya, toilet yang bersih di sekolah dasar adalah salah satu elemen penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang sehat demi mendukung kesejahteraan anak-anak.

Toilet yang tidak terjaga kebersihannya dapat menjadi sumber berbagai masalah kesehatan dan sosial yang serius.

Mendukung upaya menciptakan lingkungan yang sehat di sekolah, Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia yang diketuai Dr dr Cashtry Meher MKes MKed(KK) MHKes SpDVE FIHFAA FISqua, menyelenggarakan roadshow Pendidikan Karakter dalam Toilet Bersih.

BERITA TERKAIT

“Penting mengintegrasikan pendidikan karakter yang kuat dan berkomitmen terhadap kebersihan lingkungan, termasuk toilet sekolah. Dengan demikian, kita dapat menciptakan generasi yang lebih sehat, bertanggung jawab, dan peduli terhadap lingkungan," ujarnya dikutip Jumat, 9 Agustus 2024.

Dia menjelaskan, Kebersihan toilet sekolah bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan, tetapi merupakan tanggung jawab bersama yang mencerminkan kualitas karakter dan kesehatan seluruh komunitas sekolah,” tegas Dr dr Cashtry saat membuka roadshow Pendidikan Karakter dalam Toilet Bersih di halaman sekolah SDN 10 Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

Baca juga: Jawaban Modul 3.2: Mengingat-ingat Ekosistem, Bayangkan sekolah Tempat Bapak dan Ibu Bertugas

Kickoff penyelenggaraan Pendidikan Karakter dalamToilet Bersih di SDN 10 dan SDN 05 Pondok Pinang, Jakarta Selatan diselenggarakan pada Kamis, 8 Agustus 2024 dengan motto “Senyum Sehat Senyum Pintar.”

Dijelaskan, gerakan toilet bersih ini merupakan salah satu program dari Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia.

Untuk pelaksanaan program ini, Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia menggandeng beberapa pihak, diantaranya, Yayasan Cahaya Peduli Semesta, Yayasan Bentang Merah Putih, dan PT Surya Pertiwi yang memproduksi Toto yang menyerahkan seperangkat perlengakapan toilet untuk SDN 05 Pondok Pinang.

Baca juga: Modul 2.1, Apa 10 Kegiatan di Sekolah yang Saya Anggap Masuk Sebagai Contoh Penerapan dari Peran GP?

Di kegiatan roadshow ini siswa kelas 4 mendapat pembekalan yang dikemas menarik.

Materi yang disampaikan terbagi menjadi 3 bagian. Topik Senyum Sehat disampaikan oleh Dr. dr. Cashtry Meher., MKes., MKed(KK)., MH.Kes., Sp.DVE., FIHFAA.,FISqua., yang membahas nilai kebersihan pribadi yang berdampak pada kebersihan umum.

Kemudian topik Senyum Pintar disampaikan oleh Yohana Elizabeth H. S.Pd. M.Pd., MBA, ketua umum Yayasan Bentang Merah Putih, yang membahas nilai-nilai kepemimpinan dalam berkelompok.

Serta topik Senyum Sehat Senyum Pintar berupa praktik kerja kelompok yang langsung dilakukan oleh para siswa dalam sebuah permainan saat membersihkan lingkungan sekolah, khususnya toilet sekolah.

Sesi ini ditutup oleh Christian Panggabean dengan memberikan pembekalan dalam seni bicara (public speaking).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas