Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pelajar Indonesia Raih Juara di Ajang Kompetisi Inovasi Internasional

Kemenangannya didapat setelah ia membuat proposal proyek berjudul 'Pangestu', yang menginspirasi dunia kesehatan dengan pendekatan inovatif untuk

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Pelajar Indonesia Raih Juara di Ajang Kompetisi Inovasi Internasional
Istimewa
Sebanyak tiga pelajar, termasuk dari Indonesia, berhasil menjadi pemenang di ajang kompetisi pelajar internasional Next Generation Innovations. Mereka pun diganjar beasiswa lebih dari 127.300 Ringgit Malaysia atau Rp 444,7 juta (kurs Rp3.494). 

TRIBUNNEWS.COM - Sebanyak tiga pelajar, termasuk dari Indonesia, berhasil menjadi pemenang di ajang kompetisi pelajar internasional Next Generation Innovations. Mereka pun diganjar beasiswa lebih dari 127.300 Ringgit Malaysia atau Rp 444,7 juta (kurs Rp3.494).

Kompetisi itu diselenggarakan oleh spesialis pendidikan internasional, Study Group di Sunway Pyramid, Malaysia dengan melibatkan delapan siswa yang berasal dari berbagai sekolah menengah atas (SMA) di seluruh negara Asia Tenggara.

Kepala Bidang Akademik Study Group, Profesor Elena Rodriguez-Falcón dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu malam, mengapresiasi dengan kreativitas dan semangat para pelajar yang mengikuti kompetisi tersebut.

"Kami di Study Group akan terus berusaha keras untuk mempersiapkan para mahasiswa memiliki masa depan dengan kesempatan akademis yang terpercaya dan berkualitas tinggi untuk menjadi next generation expert di sektor industri," ujar Elena, dalam keterangannya, Kamis (8/8/2024).

Dalam kompetisi ini, pelajar asal Indonesia bernama Vanessa Shannon Suryandi, berhasil meraih juara ketiga.

Kemenangannya didapat setelah ia membuat proposal proyek berjudul 'Pangestu', yang menginspirasi dunia kesehatan dengan pendekatan inovatif untuk merevitalisasi pariwisata kesehatan di Indonesia secara etis.

Vanessa akan memasuki International Foundation Year di University of Sheffield International College milik Study Group pada September 2024 untuk melanjutkan studi bisnis tahun pertamanya di University of Sheffield pada 2025.

Baca juga: Dukung Produk Inovasi Pelajar, Politeknik Indonusa Surakarta Gelar Kompetisi Internasional IITE 2024

BERITA TERKAIT

Pemenang kedua kompetisi ini diraih oleh pelajar asal Filipina, Crescia San Angel, dengan proposal proyek berjudul 'Superheroes Need Saving Too: Innovative Dual-Chip Tracker and a Cross-Border Protection System for Overseas Workers'. Dalam proposal itu ia menggabungkan teknik modern dengan advokasi untuk memberikan perlindungan pekerja asing di luar negeri.

Crescia akan memasuki International Foundation Year pada November 2024 di University of Sheffield International College milik Study Group, untuk melanjutkan ke tahun pertamanya di bidang Hubungan Internasional di Durham University pada 2025.

Adapun juara pertama kompetisi ini juga diraih oleh pelajar asal Filipina, yakni Stephanie Jane, dengan proposal proyek berjudul 'DivorceDialogue'.

Dengan didapatkannya beasiswa itu, Stephanie akan mengikuti International Foundation Year di University of Sheffield International College milik Study Group pada September 2024, sebelum kemudian melanjutkan ke tahun pertama ia berkuliah hukum di University of Sheffield pada 2025.

Baca juga: Mendikbudristek: Kreativitas Mahasiswa Vokasi Telah Dimanfaatkan di Luar Negeri

Next Generation Innovations merupakan kompetisi pelajar internasional yang digagas oleh Study Group untuk membuka peluang bagi calon sarjana masa depan yang berambisi mendapatkan beasiswa guna melanjutkan karier akademis mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Pada kompetisi tersebut, para mahasiswa diminta untuk membuat proposal proyek sepanjang 5.000 kata yang menunjukkan bagaimana mereka berencana menggunakan pendidikan mereka untuk membuat perubahan di dunia.

Proyek-proyek ini mencakup berbagai topik, mulai dari teknik hingga ilmu kesehatan dan bisnis.

Kompetisi pelajar internasional telah lama menciptakan ruang bagi mahasiswa untuk terhubung dengan rekan-rekan mereka serta mentor dari berbagai belahan dunia untuk memperluas perspektif dan jaringan mereka secara keseluruhan.

Kompetisi ini resmi diluncurkan pada 22 April 2024, dan para mahasiswa diharuskan untuk menyerahkan proposal proyek mereka paling lambat 30 Juni 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas