Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 17 Kurikulum Merdeka: Melengkapi Paragraf

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 17 Kurikulum Merdeka, Kegiatan 1: melengkapi paragraf dengan konjungsi yang tepat

Penulis: tribunsolo
Editor: Sri Juliati
zoom-in Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 17 Kurikulum Merdeka: Melengkapi Paragraf
Buku Bahasa Indonesia kelas 11
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 17 Kurikulum Merdeka, Kegiatan 1: melengkapi paragraf dengan konjungsi yang tepat 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 17 Kurikulum Merdeka.

Pada buku Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 17 memuat syarat paragraf yang kohesi dan koheren.

Siswa diminta untuk melengkapi paragraf dengan konjungsi yang tepat.




Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 17 bisa menjadi rujukan siswa dalam mengerjakan soal.

Namun, siswa diharapkan mengerjakan soal secara mandiri sebelum melihat kunci jawaban ini.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 17 Kurikulum Merdeka

1. ............................ ingin membantu para petani, pemerintah menyarankan ............................ membeli produk-produk pangan lokal. Produk pangan lokal yang dihasilkan oleh para petani ternyata memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dibandingkan dengan produk pangan hasil impor. ............................... mulailah dengan mengonsumsi produk makanan lokal yang dihidangkan di meja makan keluarga-keluarga di Indonesia.

Jawaban:

BERITA TERKAIT

Jika ingin membantu para petani, pemerintah menyarankan agar membeli produk-produk pangan lokal. Produk pangan lokal yang dihasilkan oleh para petani ternyata memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dibandingkan dengan produk pangan hasil impor. Oleh karena itu, mulailah dengan mengonsumsi produk pangan lokal yang dihidangkan di meja makan keluarga-keluarga di Indonesia.

2. Di Jakarta, Surabaya, Makassar .............. kota-kota besar lain ada orangorang ........................... penuh semangat menyampaikan pentingnya kemandirian pangan dengan menanam di kebun sendiri. Tanpa dibayar, ................. kadang mereka harus keluar uang sendiri ...................... memberi pelatihan cara bercocok tanam secara hidroponik. Orangorang tersebut berkeyakinan ................... setiap keluarga mampu menyediakan sumber pangan sendiri.

Jawaban:

Di Jakarta, Surabaya, Makassar dan kota-kota besar lainnya ada orang-orang yang penuh semangat menyampaikan pentingnya kemandirian pangan dengan menanam di kebun sendiri. Tanpa dibayar, bahkan kadang mereka harus keluar uang sendiri untuk memberi pelatihan cara bercocok tanam secara hidroponik. Orang-orang tersebut berkeyakinan bahwa setiap keluarga mampu menyediakan sumber pangan sendiri.

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 62 63 64 Kurikulum Merdeka, Kegiatan 3

3. Indonesia terkenal sebagai salah satu penghasil kopi paling lezat di dunia. Salah satu jenis kopi yang terkenal adalah kopi luak. ......................... diperlukan proses yang panjang untuk menghasilkan kopi luak yang nikmat. Biji kopi yang benar-benar segar dan berwarna merah yang akan digunakan. …...................., biji kopi dipilih dengan memisahkan biji kopi yang segar dan busuk dengan cara direndam. Biji kopi yang baik akan tenggelam, .......................… yang busuk akan mengapung, ......................… biji kopi tersebut diberikan kepada musang atau luak jenis binturong dan bulan (luak pemakan kopi). Dalam proses ini, luak mempunyai peran yang sangat penting karena indra penciumannya hanya akan memilih biji kopi sempurna.

Jawaban:

Indonesia terkenal sebagai salah satu penghasil kopi paling lezat di dunia. Salah satu jenis kopi yang terkenal adalah kopi luwak. Untuk menghasilkan kopi luwak yang nikmat, maka diperlukan proses yang panjang. Pertama-tama, Biji kopi yang benar-benar segar dan berwarna merah akan digunakan. Biji kopi yang segar dan busuk dipisah dengan cara direndam. Biji kopi yang baik akan tenggelam, sementara yang busuk akan mengapung. Lalu biji kopi tersebut diberikan kepada musang atau luwak jenis binturong dan bulan (luwak pemakan kopi). Dalam proses ini, luwak mempunyai peran yang sangat penting karena indra penciumannya hanya akan memilih biji kopi sempurna.

*) Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

(mg/Septiana Ayu Prasiska)

Penulis adalah peserta magang dari Universitas Sebelas Maret (UNS)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas