Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PMM, Bapak/Ibu Guru, setelah Mengisi Rubrik Checklist, Refleksikan Bagaimana Hasil Rubrik Tersebut

Jawaban PMM: Bapak/Ibu guru, setelah mengisi rubrik checklist, refleksikan bagaimana hasil rubrik tersebut berhubungan dengan pengalaman bapak/ibu.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in PMM, Bapak/Ibu Guru, setelah Mengisi Rubrik Checklist, Refleksikan Bagaimana Hasil Rubrik Tersebut
Canva/Tribunnews
Soal PMM dan jawabannya, Bapak/Ibu guru, setelah mengisi rubrik checklist, refleksikan bagaimana hasil rubrik tersebut berhubungan dengan pengalaman bapak/ibu merancang pembelajaran? 

TRIBUNNEWS.COM - Bapak/Ibu guru, setelah mengisi rubrik checklist, refleksikan bagaimana hasil rubrik tersebut berhubungan dengan pengalaman bapak/ibu merancang pembelajaran? Cek contoh jawaban Platform Merdeka Mengajar (PMM) berikut ini.

Bapak/Ibu Guru akan menemukan pertanyaan di atas ketika menjawab soal Modul 1 Topik 1 Understanding by Design Sebelum Aksi Nyata di PMM.

Jawaban soal Guru Penggerak di artikel ini hanya berfungsi sebagai panduan bagi Bapak/Ibu Guru yang kesulitan menjawab pertanyaan tersebut di PMM.

Bapak/Ibu guru, setelah mengisi rubrik checklist, refleksikan bagaimana hasil rubrik tersebut berhubungan dengan pengalaman bapak/ibu merancang pembelajaran?

Jawaban:

Setelah mengisi rubrik checklist, saya menyadari bahwa hasil penilaian tersebut sangat relevan dengan pengalaman saya dalam merancang pembelajaran. Beberapa poin penting yang dapat saya refleksikan adalah:

  1. Pendekatan Personal: Rubrik menunjukkan pentingnya memahami karakteristik siswa. Dalam merancang pembelajaran, saya berusaha untuk menciptakan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa, sehingga mereka lebih terlibat.
  2. Penggunaan Teknologi: Hasil checklist menggarisbawahi penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Saya menyadari bahwa pemanfaatan platform Merdeka Mengajar dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, memungkinkan mereka untuk mengakses berbagai sumber belajar dengan lebih mudah.
  3. Evaluasi Berbasis Proyek: Salah satu aspek yang saya temukan dalam rubrik adalah pentingnya evaluasi yang beragam. Dalam pengalaman saya, menggunakan proyek sebagai penilaian tidak hanya membuat siswa lebih aktif, tetapi juga memungkinkan mereka untuk menunjukkan pemahaman secara kreatif.
  4. Kolaborasi dan Diskusi: Checklist menekankan pentingnya interaksi antar siswa. Dalam merancang pembelajaran, saya berusaha untuk menciptakan suasana kelas yang mendorong kolaborasi, seperti diskusi kelompok, yang terbukti meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasi siswa.
  5. Refleksi Diri: Terakhir, hasil rubrik mengingatkan saya akan pentingnya melakukan refleksi diri sebagai pendidik. Saya merasa perlu untuk terus mengevaluasi pendekatan yang saya gunakan dan beradaptasi sesuai dengan umpan balik dari siswa.

Baca juga: Jawaban Berdasarkan Inspirasi yang Anda Dapatkan, Apa Perubahan Praktik di Ruang Kelas? PMM

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai contoh ketika Bapak/Ibu Guru/Kepala Sekolah menghadapi pertanyaan serupa di Pendidikan Guru Penggerak. Bapak/Ibu Guru/Kepala Sekolah dapat menjawab soal serupa dengan jawaban sesuai dengan kondisi masing-masing.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

BERITA REKOMENDASI

Artikel lain terkait Pendidikan Guru Penggerak

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas