Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 236 237 Kurikulum Merdeka, Eksplorasi 4.8

Kunci jawaban Matematika Kelas 9 halaman 236 237 Kurikulum Merdeka. Eksplorasi 4.8 Menemukan Hubungan Antara Frekuensi Relatif dan Peluang Teoretis.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 236 237 Kurikulum Merdeka, Eksplorasi 4.8
Buku Matematika Kelas 9 Kurikulum Merdeka
Kunci jawaban Matematika Kelas 9 halaman 236 237 Kurikulum Merdeka. Eksplorasi 4.8 Menemukan Hubungan Antara Frekuensi Relatif dan Peluang Teoretis. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban Matematika Kelas 9 halaman 236 dan 237 Kurikulum Merdeka.

Halaman tersebut, terdapat pada Bab 4 yang berjudul Peluang dan Pemilihan Sampel.

Pada halaman 236 dan 237, siswa diminta untuk mengerjakan Eksplorasi 4.8 Menemukan Hubungan Antara Frekuensi Relatif dan Peluang Teoretis.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 236 Kurikulum Merdeka

Eksplorasi 4.8 Menemukan Hubungan Antara Frekuensi Relatif dan Peluang Teoretis

Di aktivitas ini kalian akan menemukan apa yang terjadi dengan frekuensi relatif suatu kejadian ketika banyaknya percobaan semakin besar.

1. Ahmad melempar sebuah koin berkali-kali dan mencatat hasilnya ke dalam Tabel 4.6. Selain tabel, Ahmad juga menggambarkan hasil setiap percobaannya ke dalam grafik seperti Gambar 4.12. Menurut kalian, bagaimana Ahmad membuat Tabel 4.6 dan menggambar grafik pada Gambar 4.12? Jelaskan makna tabel dan grafik tersebut.

Jawaban: Tabel 4.5 dibuat dengan menggunakan frekuensi relatif munculnya sisi angka.

BERITA REKOMENDASI

Misalkan, dalam nomor lemparan keempat frekuensi relatifnya adalah ¾ karena di lemparan keempat ini banyaknya percobaan yang menghasilkan sisi angka ada tiga, yaitu lemparan kedua, ketiga, dan keempat, total banyaknya percobaan adalah 4.

Gambar 4.10 merupakan diagram garis yang menggambarkan frekuensi relatif munculnya sisi angka.

Dengan demikian, diagram garis tersebut menunjukkan 0, 1/2, 2/3, 3/4, dan 3/5 di lemparan pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 237 Kurikulum Merdeka

2. Carilah sebuah koin. Lakukan seperti yang telah dilakukan oleh Ahmad dan lemparlah koin sebanyak minimal 20 kali!

Jawaban: Dengan banyaknya percobaan 20, kemungkinan besar di ujung kanan diagram garisnya sudah mulai mendekati nilai 0,5 atau 1/2.

3. Ahmad melanjutkan percobaan dengan melempar koinnya sampai 200 kali dan hasilnya dibuat ke dalam grafik seperti Gambar 4.13. Apa yang dapat kalian amati dari grafik tersebut? Bagaimana kira-kira grafiknya jika Ahmad melanjutkan percobaannya secara terus menerus?

Jawaban: Ketika banyaknya percobaan semakin banyak, yaitu ketika diagram garisnya semakin ke kanan, nilai frekuensi relatifnya mendekati 0,5.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa frekuensi relatif akan mendekati peluang teoretiknya ketika banyaknya percobaan semakin banyak.

*) Disclaimer: 

- Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

- Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com/Widya)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas